Rabu 28 Oct 2015 00:45 WIB

Arbi Sanit: Anggota DPR Cari 'Panggung' Melalui Pansus Pelindo

Arbi Sanit
Foto: Republika
Arbi Sanit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik Arbi Sanit menilai sejumlah anggota DPR RI berupaya mencari panggung melalui pembentukan beberapa panitia khusus (Pansus) yang tidak memiliki hubungan dengan kinerja.

"DPR sekarang menunjukkan kinerja yang merosot dibandingkan periode sebelumnya," kata Arbi saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (27/10).

Arbi mencontohkan anggota DPR RI mengerjakan tugas di luar tugas dan fungsi, kemudian tidak memiliki visi, serta misi dalam membentuk pansus seperti Pansus Pelindo II. Arbi menganggap DPR RI periode 2014-2019 memiliki kemampuan praktis yang rendah, sehingga mudah membentuk pansus.

Menurut Arbi hal itu karena pemilihan umum legislator 2014 tidak menyiapkan dan memiliki kriteria integritas maupun kemampuan visi terhadap calon anggota dewan perwakilan rakyat. "Karena anggota DPR tak punya visi makanya ada pansus terus menerus bahkan pansus tidak relevan juga dibuat, padahal dapat mengebiri DPR sendiri," ujar Arbi.

Terkait Pansus Pelindo II, Arbi memandang berawal dari kritikan Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli terhadap Direktur Utama PT Pelindo II RJ Lino. Karena itu DPR RI mengambil langkah politik dengan membentuk pansus guna membongkar kasus PT Pelindo II.

Lebih ironis, Arbi menyebutkan PDI Perjuangan sebagai partai pengusung pemerintah menekan kehendak Presiden Joko Widodo (Jokowi). Arbi menyatakan perlu ditelusuri pembentukan Pansus Pelindo II sebagai langkah politis untuk pencitraan atau ada upaya memakzulkan Presiden Jokowi.

"Apakah pansus itu untuk menjatuhkan presiden atau permainan menghabiskan energi dan pansus saja atau PDI Perjuangan dan partai lainnya untuk cari panggung pencitraan," tutur Arbi.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement