Rabu 21 Oct 2015 23:50 WIB

Keren! Gunung Kidul Pasang Wifi Gratis di Alun-alun

Red: M Akbar
Jaringan Wifi (Ilustrasi)
Foto: Antara
Jaringan Wifi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNG KIDUL -- Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, segera mengaktifkan wifi gratis di sekitar taman titik nol kilometer, Alun-alun Wonosari, taman kuliner, dan taman kota.

"Kami menargetkan awal 2016 sudah bisa beroperasi karena kesiapan prasarananya sudah tersedia," kata Sekda Kabupaten Gunung Kidul Budi Martono di Gunung Kidul, Rabu (21/10).

Saat ini, lanjut Budi, pengoperasian wifi masih terkendala belum tersedia anggaran yang digunakan untuk operasional, izin pemerliharaan, pihak yang mengoperasikan, dan listrik pemkab harus ditambah karena peralatannya cukup besar. "Anggaran pengoperasian masuk dalam APBD 2016," katanya.

Budi mengungkapkan wifi gratis ini bisa menjangkau sekitar alun-alun pemkab, titik 0 km, dan pusat kuliner. Nantinya diharapkan mampu meningkatkan kunjungan masyarakat ke sekitar pemkab dan taman kuliner.

"Kami berupaya agar wifi ini tidak menggangu pengusaha internet di sekitar Kota Wonosari karena dari survei dalam radius dua kilometer tidak ada warnet, nanti jika mengganggu akan kami perpendek jangkauannya," katanya.

Budi tidak menampik situs negatif saat ini masih mudah diakses, namun demikian pihaknya akan mengantisipasi dengan melakukan patroli rutin yang dilakukan oleh Satpol PP. Selain itu, pemkab akan merencanakan memasang kamera pengintai (CCTV).

"Pemasangan CCTV dapat mempermudah dalam pemantauan yang dilakukan oleh Satpol PP. Selain itu, kalau di sini lebih mudah dalam pengawasan," ucapnya.

Selain wifi, peningkatan pelayanan juga dilakukan dengan membuat panggung terbuka dan fasilitas skateboard di taman kota, dan taman kuliner.

"Setiap minggu ada car freeday di jalan baru, pasar tani bisa dipindah kesini. Jadi saat hari minggu masyarakat bisa berolahraga, makan dan berekreasi," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement