Ahad 18 Oct 2015 07:56 WIB

Kadin: Pembangunan Bandara di Banten Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat

Bandara Soekarno Hatta
Bandara Soekarno Hatta

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Banten Mulyadi Jayabaya menyatakan pembangunan bandar udara internasional di Kecamatan Curugbitung dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat Kabupaten Lebak.

"Kami berharap Menteri Perhubungan Ignatius Jonan mengeluarkan perizinan pembangunan bandara itu sehingga bisa direalisasikan dalam waktu dekat," kata Mulyadi di Lebak, Sabtu(17/10).

Kehadiran bandara internasional itu tentu berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat Kabupaten Lebak dan dipastikan akan lepas dari ketertinggalannya. Kabupaten Lebak hingga kini masih menyandang daerah tertinggal.

Karena itu, melalui pembangunan bandara diharapkan Kabupaten Lebak bisa sejajar dengan wilayah utara, seperti Tangerang. "Kami yakin Lebak akan lebih maju jika memiliki bandara itu." katanya.

Menurut Mulyadi, kehadiran bandara itu secara langsung akan membangkitkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Lebak dari berbagai sektor, di antaranya pariwisata dan produk-produk andalan daerah hasil komoditas peternakan, pertanian, perkebunan dan pertambangan.

Begitu juga pembangunan bandara tersebut akan menciptakan lapangan pekerjaan bagi tenaga lokal untuk menopang pertumbuhan bidang perdagangan, jasa dan industri. Selain itu, the kehadiran badara tersebut juga dapat mendatangkan sumbangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) cukup besar.

Pembangunan bandara tersebut tentu akan terlayani akses transportasi darat dengan dioperasikan double track atau jalur ganda Commuter Line juga jalan tol serta jalan antarkabupaten. Pemerintah daerah mendorong pembangunan bandara internasional yang akan dilaksanakan PT Maja Raya Indah Semesta (MRIS) sebagai mitra Lion Grup.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement