Rabu 07 Oct 2015 18:46 WIB

‎Hujan Lebat Guyur Kota Bandung, Empat Pohon Tumbang

Rep: C07/ Red: Ilham
Pohon tumbang.  (ilustrasi)
Foto: Antara/Adhitya Hendra
Pohon tumbang. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Hujan lebat yang mengguyur Kota Bandung diikuti oleh 20 musibah dahan patah dan empat musibah pohon tumbang. Akibat patah dahan dan pohon tumbang ini, beberapa kendaraan tertimpa batang pohon.

Satu dari empat musibah pohon yang tumbang di Kota Bandung terjadi di kawasan Cikapayang, Dago. Berdasarkan pantauan Republika.co.id, sebuah pohon tumbang di perempatan Cikapayang, Dago, akibat hujan besar yang mengguyur pada Rabu (7/10). Tumbangnya pohon berukuran cukup besar ini mengakibatkan kondisi lalu lintas di kawasan tersebut lumpuh.

Meski begitu, petugas Diskamtam Kota Bandung dibantu dengan petugas Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (Dppk) Kota Bandung terlihat berupaya untuk segera mengevakuasi pohon yang tumbang tersebut. Di samping itu, petugas kepolisian juga membantu mengalihkan arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan yang parah di kawasan Cikapayang, Dago.

Kasus pohon tumbang lainnya juga terjadi di Jalan Ganesa pada waktu yang sama. Akibat tumbangnya pohon di Jalan Ganesa, sejumlah kendaraan roda empat tertimpa. Untuk mengevakuasi pohon tersebut, para petugas terpaksa menutup Jalan Ganesa hingga proses evakuasi selesai.

 

Kepala Diskamtam Kota Bandung, Arief Prasetya mengatakan ada total 24 masalah pohon yang terjadi selama hujan mengguyur Kota Bandung. Permasalahan pohon tersebut, lanjut Arief, didominasi oleh kasus dahan patah sebanyak 20 kasus. Sedangkan empat kasus lainnya merupakan kasus pohon tumbang.

"Untuk yang tumbang itu di Hegarmana, Ganesa, Cikapayang, dan Cidurian. Lainnya patah dahan atas, di antaranya di Cikawao, Cijaura, hingga Lengkong," jelas Arief kepada Republika.co.id pada Rabu (7/10).

Arief mengatakan, sebagian pohon tumbang didominasi oleh pohon dengan ukuran diameter 10-15 sentimeter. Akan tetapi, satu pohon tumbang di kawasan Hegarmana terlihat cukup besar. Ukuran pohon tersebut, lanjut Arief, menunjukkan bahwa usia pohon tersebut cukup tua.

Sebagai upaya penanganan 24 kasus pohon patah dahan serta pohon tumbang ini, Arief mengatakan petugas Diskamtam Kota Bandung dibantu dengan SKPD terkait sudah mulai menyebar untuk melakukan evakuasi. Diharapkan, para petugas yang diturunkan ini dapat segera menuntaskan proses evakuasi sehingga lalu lintas dapat kembali normal.

"Kami juga mengimbau kepada warga untuk menghindari pohon-pohon saat hujan turun," terang Arief.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement