Ahad 04 Oct 2015 08:50 WIB

Presiden PKS Beri Dua Solusi untuk Jokowi

Rep: DR Meta Novia/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman saat berkunjung ke kantor Republika, Jakarta, Kamis (1/10).
Foto: Republika/Wihdan H
Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman saat berkunjung ke kantor Republika, Jakarta, Kamis (1/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman memprediksi, Indonesia akan menghadapi tiga jenis krisis pada masa depan. "Krisis pangan, energi, dan air bersih. Ini menjadi tantangan yang berat pemerintahan saat ini," katanya pada Ahad, (4/10).

Krisis yang dikenal dengan food, energy, and water crisis tersebut akan melanda semua negara. Penduduk yang semakin meningkat, tetapi produksi makanan semakin mengecil, konversi sumber makanan menjadi energi, sumber daya alam yang tidak terbarukan serta sumber air bersih yang semakin sulit didapatkan merupakan ancaman besar ke depan.

Karena itu, ia berharap pemerintah sudah bisa mengantisipasi masalah tersebut. "Saya harap Presiden Jokowi beserta jajarannya bisa mengatasi tantangan ini. Minimal jangka pendek," ujarnya.

Untuk jangka pendek, yang paling parah saat ini adalah daya beli masyarakat yang sudah sangat menurun. Pemerintah, saran dia, harus meningkatkan daya beli masyarakat untuk menggerakan ekonomi.

 

Mantan rektor Universitas Paramadina tersebut juga mengusulkan dua solusi untuk masalah itu kepada Presiden Jokowi, yaitu bantuan langsung tunai atau penurunan harga BBM. Selain itu, Pemerintah juga harus bisa mengelola APBN dengan baik, termasuk APBD untuk daerah.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement