Selasa 01 Sep 2015 13:11 WIB

Mantan Kepala UKP4 Sarankan KPK Perbaiki Koordinasi

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Muhammad Hafil
Gedung KPK
Gedung KPK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto mengkritik KPK dalam masalah koordinasi antarlembaga. Lembaga antikorupsi ini dinilai perlu meningkatkan koordinasi dengan Polri dan Kejaksaan Agung.

"Saya menggarisbawahi tentang masalah koordinasi antarlembaga," kata Kuntoro di gedung KPK, Selasa (1/9).

Kuntoro mengatakan, posisi KPK sebagai lembaga penegak hukum yang mempunyai tugas dan fungsi hampir sama dengan kepolisian dan kejaksaan harus terus bersinergi dan koordinasi. Apalagi, kata dia, kepolisian dan kejaksaan memiliki jaringan dan sumber daya yang lebih luas di setiap daerah.

"Karena itu KPK perlu memetakan dirinya dalam posisi yang lebih tepat sehingga tidak mudah untuk ditarik ke wilayah yang friksi dengan yang lain-lain," ujar dia.

Pejabat era Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono ini menambahkan, pembicaraan bersama pimpinan KPK ini sebatas memberi masukan dan berbagi pengalaman. Kuntoro diminta untuk memberi masukan terhadap rencana strategis (renstra) KPK 2015-2019.

"Jadi saya berbicara mengenai lebih ke pengorganisasian yang sebaik-baiknya," kata mantan menteri Pertambangan dan Energi era Orde Baru ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement