Senin 17 Aug 2015 18:18 WIB

Prajurit TNI Buat Film Pendek Perang Yogyakarta

Rep: Yulianingsih/ Red: Ilham
Pasukan Pamtas TNI.
Foto: Antara
Pasukan Pamtas TNI.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 70 di Balai Kota Yogyakarta dimeriahkan dengan adegan sosiodrama perang Yogya Kembali. Drama perang yang berlangsung 15 menit ini dipersembahkan Kodim 0734 Yogyakarta dan dimainkan oleh prajurit TNI.

Kepala Staf Kodim Yogyakarta yang juga sutradara sosiodrama, Mayor Inf Suwarno mengatakan, sosiodrama Yogya Kembali tersebut juga diputar di setiap kecamatan oleh Koramil masing-masing. "Kita harus selalu ingat sejarah dan jasa pahlawan kita," ucapnya usai upacara bendera di Balaikota Yogyakarta, Senin (17/8).

Drama itu menceritakan perebutan kembali Yogyakarta dari pendudukan penjajah saat Ibu Kota negara dipindah ke Yogyakarta. Sebanyak 100 personel gabungan TNI, Polri, dan masyarakat mengambil peran dalam film pendek itu.

“Kami ingin menggugah kembali rasa nasionalisme dengan mengingat perjuangan para pahlawan mempertahankan NKRI. Meski hanya berlangsung singkat, tapi sosiodrama ini memberi makna agar kita tidak menyia-nyaiakan kemerdekaan yang diraih susah payah,” katanya.

Upacara bendera peringatan HUT ke-70 di Balai Kota Yogyakarta dipimpin oleh Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti. Menurut Haryadi, tantangan bangsa tak akan pernah surut. Setiap generasi memiliki tantangannya sendiri. Oleh karena itu, setiap elemen masyarakat diminta berbuat yang terbaik bagi bangsa sesuai dengan profesinya masing-masing.

"Setiap zaman memiliki tantangan masing-masing. Tugas kita adalah mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang bermanfaat dalam membangun kemajuan bangsa dan negara," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement