Rabu 12 Aug 2015 12:03 WIB

Hari Ini Pansel Umumkan Hasil Seleksi Capim KPK

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Angga Indrawan
 (dari kiri) Anggota Pansel KPK Betti S Alisjahbana bersama Ketua Pansel KPK Destry Damayanti saat konferensi pers di Gedung Setneg, Jakarta, Selasa (14/7).   (Republika/Wiihdan Hidayat)
(dari kiri) Anggota Pansel KPK Betti S Alisjahbana bersama Ketua Pansel KPK Destry Damayanti saat konferensi pers di Gedung Setneg, Jakarta, Selasa (14/7). (Republika/Wiihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pansel calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi akan mengumumkan peserta yang lolos seleksi tahap tiga, Rabu (12/8). Capim yang dinyatakan lolos berhak mengikuti seleksi tahap selanjutnya yakni tes wawancara dan kesehatan.

"Hari ini pengumuman pukul 14.00 WIB. Sekarang masih dibahas oleh Pansel," kata Juru Bicara Pansel KPK, Betti Alisjahbana saat dikonfirmasi, Rabu (12/8).

Menurutnya, penilaian terhadap peserta yang lolos seleksi tahap tiga dilihat dari berbagai aspek. Pertama yakni hasil penilaian profil masing-masing capim yang dilakukan oleh tim penilai independen dalam seleksi di tahap tiga. Di tahap ini, kompetensi dan potensi akan terlihat.

Selain itu, menurut Betti, hal yang tak kalah penting adalah rekam jejak calon. Rekam jejak didapat dari beberapa instansi dan lembaga yang sebelumnya telah ditunjuk. Seperti Polri, Kejaksaan Agung, PPATK, ICW, Badan Intelejen Negara hingga Direktorat Jenderal Pajak. 

"Kita cek juga rekam jejaknya," ujar dia.

Setelah lolos seleksi tahap empat yakni wawancara dan tes kesehatan, delapan nama akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo. Delapan nama ini akan diserahkan bersamaan ke DPR dengan dua nama sebelumnya yang sudah lolos yakni Busyro Muqoddas dan Roby Arya Brata. Dari sepuluh capim, akan dipilih lima nama untuk menjadi komisioner KPK 2015-2019.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement