Jumat 17 Jul 2015 14:18 WIB

Hari Pertama Lebaran TPU Karet Bivak Dipadati Peziarah

Rep: C17/ Red: Winda Destiana Putri
Warga melakukan ziarah kubur di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Ahad (7/6).  (Republika/Wihdan)
Warga melakukan ziarah kubur di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Ahad (7/6). (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di hari pertama Lebaran, sejumlah Taman Pemakaman Umum (TPU) ramai dipadati peziarah. Salah satunya seperti terlihat di TPU Karet Bivak, Jalan Penjernihan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Selepas sholat Jumat areal TPU sangat ramai oleh kehadiran para peziarah mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Kondisi ini juga dimanfaatkan para pedagang kaki lima untuk menjajakan dagangannya. Tidak ketinggalan petugas pembersih makam ikut menjajakan jasanya kepada peziarah yang datang.

Salah seorang peziarah, Rusdi (38), warga Kelurahan Pisangan Baru yang datang bersama kedua anaknya mengatakan, tradisi ziarah seperti ini memang rutin dilakukannya saat hari Lebaran.

"Kita ziarah ke makam sanak saudara, memang sudah rutin seperti ini," ujarnya, Jumat (17/7).

Sementara itu saat dihubungi, Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Jakarta Pusat, Themy Kendra Putra, mengimbau agar bagi peziarah yang datang tetap menjaga kebersihan areal makam.

Selain itu pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Sudin Sosial untuk melakukan penghalauan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di areal makam.

"Petugas diperlukan untuk menghalau PMKS, tapi kesadaran warga untuk tetap menjaga kebersihan area makam tetap diperlukan," katanya.

Diperkirakan area pemakaman tersebut akan ramai peziarah hingga Ahad (19/7) mendatang. Bagi peziarah diharuskan lebih menjaga kebersihan lingkungan TPU tersebut agar pemkaman tetap terjaga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement