Rabu 15 Jul 2015 12:21 WIB

Antisipasi Macet Saat Lebaran, Jalur Volcano Tour Direkayasa

Rep: c 97/ Red: Indah Wulandari
Upacara Labuhan Merapi.
Foto: Antarafoto
Upacara Labuhan Merapi.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sleman akan melakukan rekayasa jalur pada lintasan volcano tour. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemacetan di lokasi wisata pada hari Lebaran nanti.

Adapun lokasi rawan macet yang menjadi perhatian, yaitu gerbang utama yang terletak di Dusun Ngipiksari, Desa Hargobinangun, Pakem. Pintu tersebut juga berperan sebagai tempat pemungutan retribusi (TPR) di sisi timur Kaliurang.

Sekretaris Disbudpar Sleman, Endah Sri Widiastuti mengatakan jalan menuju Kaliurang cukup sempit. "Akibatnya pada saat lebaran, kawasan itu selalu macet karena dipadati wisatawan. Baik dari dalam Jogja maupun luar kota," tuturnya, Selasa (14/7).

Rekayasa yang akan dilakukan yakni dengan mengatur jalur lalu lintas mobil jip wisata volcano tour. Biasanya jip mondar-mandir melalui pintu retribusi timur untuk menaikturunkan penumpang.

Saat Lebaran, penumpang naik akan diarahkan untuk lewat pintu retribusi barat di dekat Kali Boyong. Sedangkan yang turun bisa lewat pintu timur.

Endah mengemukakan selama Lebaran pintu retribusi akan dijaga oleh beberapa personil. Di antaranya aparat desa, tim SAR, Kodim, Polsek Pakem, dan juga Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Mereka akan membantu mengurai kemacetan secara bergantian.

Satu di antara pengelola volcano tour Merapi, Remon menanggapi positif rencana rekayasa jalur jip tersebut. "Saya pikir itu solusi terbaik. Karena jika gerbang retribusi Kaliurang dilewati jip jasa antar, kondisinya cukup riskan," katanya.

Ia mengatakan, kendaraan yang mondar-mandir di sekitar pintu retribusi timur merupakan jip jasa antar bagi wisatawan yang akan mengikuti volcano tour Merapi di Cangkringan.

Karena ada wisatawan yang belum mengetahui lokasi start volcano tour. Maka banyak jip yang menawarkan jasa antar dari tempat wisatawan berada ke titik start vulcano tour.

"Akan lebih baik jika para wisatawan langsung mengakses jeep di pintu gerbang volcano tour di Dusun Gondang (Desa Umbulharjo Cangkringan), atau jalur menuju petilasan kediaman Mbah Marijan," papar Remon.

Agar sampai di Dusun Gondang, wisatawan tidak harus melewati gerbang Kaliurang sebelah timur. Mereka bisa melewati jalur lain. Misalkan dari pertigaan Pakem ke timur ke arah Desa Umbulharjo, Cangkringan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement