Jumat 10 Jul 2015 01:54 WIB

Erupsi Gunung Raung, Lion Air Batalkan Penerbangannya

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Julkifli Marbun
 Direktur Umum PT Lion Air Edward Sirait (tengah)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Direktur Umum PT Lion Air Edward Sirait (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Erupsi Gunung Raung di Jawa Timur yang mengeluarkan debu vulkanik membuat terganggunya operasional di Bandara Denpasar dan Bandara Lombok. Sejumlah penerbangan baik dari Denpasar atau Lombok, maupun yang menuju ke dua kota tersebut terpaksa dibatalkan.

Salah satu maskapai yang membatalkan penerbangan dari dan menuju ke Denpasar dan Lombok ialah Lion Air.

Direktur Umum Lion Air Edward Sirait mengatakan langkah ini diambil demi menjaga dan memastikan keselamatan penerbangan pada wilayah tersebut.

"Terhitung sejak pukul 17.00 WIB, Lion Air membatalkan penerbangan dari dan menuju Denpasar dan juga dari dan menuju Lombok," katanya dalam siaran pers yang diterima Republika, Jumat (10/7).

Kata dia, ada 12 penerbangan yang dibatalkan, namun penumpangnya dipostponed ke penerbangan esok hari.

Ia menambahkan, bagi enumpang yang penerbangannya dipostponed dan baru diberangkatkan esok hari akan diberikan fasilitas penginapan di hotel dan apabila ada penumpang yang ingin membatalkan penerbangannya, Lion Air juga memberikan fasilitas refund tanpa potongan.

Pihak pengelola Bandara Denpasar sendiri telah mengumumkan, Bandara Denpasar ditutup hingga pukul 06.30 esok hari. Sedangkan Pengelola Bandara Lombok telah mengumumkan, Bandara Lombok ditutup hingga pukul 04.30, dengan demikian seluruh perbangan dari dan menuju Denpasar dan Lombok pada malam hari ini tidak dapat dilaksanakan.

Selain Lion Air, Edward mlanjutkan, pembatalan penerbangan juga dilakukan oleh maskapai penerbangan asal Australia dengan rute penerbangan dari Australia menuju Denpasar dan dari Denpasar menuju Australia.

Lion Air, sambungnya, akan terus memantau informasi dari berbagai pihak terkait informasi dan situasi  bandara serta jalur penerbangan yang terkena debu vulkanik.

"Informasi tersebut sangat kami butuhkan untuk memastikan keselamatan penerbangan dan kami akan selalu mengutamakan keselamatan penerbangan," lanjut Edward.

Berikut rute penerbangan Lion Air yang dibatalkan karena erupsi Gunung Raung :

Surabaya - Denpasar - Surabaya

Cengkareng - Denpasar - Cengkareng

Jogja - Denpasar - Jogja

Surabaya - Lombok - Surabaya

Cengkareng - Lombok - Cengkareng

Jogja - Lombok - Jogja

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement