Jumat 03 Jul 2015 20:23 WIB

Soetrisno Bachri: Ajak KMP Gabung Kabinet Bukti Jokowi Membuka Diri

Rep: Agus Raharjo/ Red: Bilal Ramadhan
Soetrisno Bachir
Foto: Republika
Soetrisno Bachir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPP Partai Amanat Nasional (PAN), Soetrisno Bachir mengakui kalau Presiden Joko Widodo membuka diri pada Koalisi Merah Putih (KMP) bergabung di kabinet. Hal itu diungkapkan Jokowi saat bertemu dengan Soetrisno Bachir beberapa waktu lalu.

"Mengenai formasi koalisi tentunya Pak Jokowi membuka diri bila partai KMP bergabung itu bisa saja," kata dia di kediamannya, Jakarta (3/7).

Sosok yang akrab disapa Mas Tris itu menambahkan, kalaupun ada partai KMP yang ingin bergabung dalam kabinet, harus bersedia berunding dengan Jokowi. Sebab, Jokowi sebagai pemegang hak prerogratif dalam pembentukan kabinet di pemerintahan.

Jadi, 5 partai politik yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) terbuka kemungkinan untuk bergabung di kabinet kerja Jokowi-Jusuf Kalla. Bahkan, Mas Tris tidak membantah kalau PAN juga berpeluang untuk masuk dalam kabinet kerja.

Meskipun, diakuinya, dukungan PAN ke pemerintahan Jokowi-JK bukan atas dasar bagi-bagi kekuasaan. Di luar atau di dalam kabinet, PAN akan mendukung Jokowi hingga selesai tugas. "Bisa saja kalau nanti misalnya Ketua Umum PAN ketemu Pak Jokowi dalam rangka diminta untuk bergabung atau ada kadernya yang memang pantas untuk menduduki menteri, tidak masalah," imbuh dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement