Kamis 25 Jun 2015 02:03 WIB

Pengelola Pasar Bantul Siapkan Lokasi Pedagang Musiman

  Pedagang musiman merangkai janur kelapa menjadi ketupat untuk dijual di Jalan Raya Bogor, Jakarta, Senin (14/10).  (Republika/Aditya Pradana Putra)
Pedagang musiman merangkai janur kelapa menjadi ketupat untuk dijual di Jalan Raya Bogor, Jakarta, Senin (14/10). (Republika/Aditya Pradana Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Kantor Pengelolaan Pasar Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan halaman Pasar Bantul sebagai lokasi untuk menampung pedagang musiman.

"Kami sudah menyiapkan tempat di halaman pasar, kami minta pedagang musiman bisa menyesuaikan dan tidak lagi berjualan di luar pasar demi kebaikan bersama," kata Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Bantul Slamet Santosa di Bantul, Rabu.

Menurut dia, jumlah pedagang musiman yang berjualan di depan Pasar Bantul pada awal puasa saat ini belum terlihat ramai, namun dari hari ke hari makin bertambah. Setidaknya ada sekitar 40 sampai 50 pedagang musiman.

Ia mengatakan pedagang musiman tersebut sebagian besar menjual makanan dan minuman untuk menu berbuka puasa. Sehingga jika tidak diarahkan dan ditata di dalam halaman parkir pasar dikhawatirkan menyebabkan kesemrawutan lalu lintas di depan Pasar Bantul.

"Perlu ditata karena ini menyangkut keamanan pedagang juga, karena dengan berjualan di halaman pasar, pedagang tidak ada yang terganggu, keselamatan lebih terjamin. Ini untuk memberikan edukasi pedagang," katanya.

Slamet mengatakan pihaknya juga sudah melakukan komunikasi dengan para pedagang kaki lima (PKL) yang sebelumnya berjualan di halaman atau area parkir pasar agar tidak ada perselisihan dalam berdagang.

"Kami sudah komunikasi dengan PKL kuliner termasuk pemilik kios (sekitar halaman Pasar Bantul), mereka tidak masalah karena jam buka bisa disesuaikan, dan pedagang musiman bisa menyesuaikan," katanya.

Ia mengatakan halaman atau area parkir Pasar Bantul tersebut dibagi menjadi dua bagian, satu bagian diperuntukkan bagi pedagang musiman dan satunya untuk PKL yang sudah menempati di lokasi tersebut.

"Sebelumnya sudah ada komunikasi apakah mereka akan seterusnya atau hanya selama Ramadhan berjualan di situ, namun permintaan mereka hanya sementara, karena hanya menjual menu berbuka puasa saja," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement