Kamis 18 Jun 2015 04:00 WIB

Siapa Pengganti Gatot Nurmantyo sebagai KSAD?

Wakil KSAD Letjen Muhammad Munir (kanan).
Foto: Antara
Wakil KSAD Letjen Muhammad Munir (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Selamat Ginting/Wartawan Republika

Saat ini ada tiga calon kuat untuk menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo. Calon-calon tersebut, tentu saja sudah dalam posisi mantap sebagai jenderal bintang tiga dan usia pensiunnya masih dua hingga empat tahun lagi.

Ketiga letnan jenderal tersebut, yakni: Sekjen Kementerian Pertahanan Letjen Ediwan Prabowo (53 tahun); Wakil KSAD Letjen M Munir (56 tahun); Pangkostrad Letjen Mulyono (54 tahun).

Namun di luar tiga nama tersebut, terdapat nama-nama lain, seperti Dansesko TNI Letjen Sonny Widjaja; Danko diklatad Letjen Lodewijk F Paulus; dan Irjen TNI Letjen Syafril Mahyudin. Tetapi peluang ketiganya tipis, karena menjelang pensiun. Sonny akan pensiun Januari 2016. Lodewijk pensiun Juli 2015. Syafril pensiun April 2016.

Sehingga Presiden Joko Widodo hanya akan memilih tiga nama teratas; Ediwan, Munir, dan Mulyono, untuk memimpin Mabesad di Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 2, Jakarta. Mereka sudah cukup memiliki kemampuan untuk menduduiki posisi sebagai Kartika-1.

Kecuali jika Presiden menentukan lain, seperti dalam kasus naiknya Marsekal Agus Supriatna sebagai KSAU. Hanya dua hari berpangkat marsekal bintang tiga, kemudian dipromosikan menjadi KSAU. Tetapi hal seperti itu sangat jarang terjadi di lingkungan TNI AD.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement