Rabu 17 Jun 2015 11:22 WIB

Anna Bantu 3.000 Pelanggan PDAM Kategori MBR

Instalasi pengolahan air bersih
Foto: Humas Palyja
Instalasi pengolahan air bersih

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Sebanyak 3.000 pelanggan PDAM Tirta Darma Ayu dari masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), menikmati bantuan berupa sambungan instalasi dengan biaya murah dari Pemerintah Kabupaten Indramayu. Bantuan sambungan itu akan dinikmati bagi warga masyarakat yang berlokasi di jangkauan PDAM unit Bangodua, Anjatan, Sindang, dan Kandanghaur.

    

Bupati Indramayu Hj Anna Sophanah mengatakan, dana yang disiapkan untuk mendukung program itu sebesar Rp 8 miliar. Dan itu diserahkan kepada PDAM dalam bentuk penyertaan modal.

    

Dikatakan Anna, sebelumnya masyarakat harus mengeluarkan dana Rp 825 ribu untuk pemasangan baru. Namun, dengan adanya bantuan hibah ini, masyarakat yang akan menikmati sambungan instalasi air bersih dari PDAM hanya dikenakan biaya Rp 220 ribu.

   

 “Semoga program bagi masyarakat berpenghasilan rendah ini dapat membantu masyarakat untuk menikmati air bersih,” kata Anna.

Dengan semakin banyaknya pelanggan PDAM, diharapkan kualitas dari air PDAM akan semakin baik karena  masyarakat sangat menggantungkan ketersediaan air bersih dari PDAM, kepada masyarakat sebagai pelanggan PDAM juga diharapkan bisa menggunakan air dengan sehemat mungkin apalagi saat ini sudah mulai masuk musim kemarau.

    

Sementara Direktur Utama PDAM Tirta Darma Ayu, Tatang Sutardi, mengatakan, program MBR ini merupakan kelanjutan dari program MBR tahun-tahun sebelumnya. Pada 2013 dan  2014, kata dia, PDAM berhasil melakukan pemasangan instalasi sambungan baru kepada 2.000 pelanggan. “Maka jika dikalkulasikan dengan tahun 2015 ini maka sebanyak 5000 pelanggan dapat menikmati air bersih dari program MBR,” ujarnya.

    

Tatang mengatakan, target 3.000 pelanggan saat ini baru terpenuhi setengahnya. Namun, pada akhir Oktober, ditargetkan sebanyak 3.000 pelanggan dapat terhubung dengan air bersih dan saat ini pihaknya terus melakukan verifikasi data pelanggan yang telah masuk.

    

Dari 3.000 sambungan baru itu, untuk unit Bangodua ditargetkan sebanyak 585 pelanggan, unit Sindang sebanyak 348 pelanggan, Cabang Kandanghaur sebanyak 525 pelanggan dan dari unit Anjatan diharapkan bisa terpasang kepada 1.542 pelanggan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement