Kamis 11 Jun 2015 09:30 WIB
Engeline Tewas

Faktor Materi Dinilai Bisa Memicu Pembunuhan Engeline

Rep: C32/ Red: Erik Purnama Putra
Selebaran pencarian bocah hilang Angeline yang tersebar di Twitter
Selebaran pencarian bocah hilang Angeline yang tersebar di Twitter

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kriminolog dari Universitas Indonesia (UI), Bambang Umar menilai, kasus yang menimpa Angeline hingga terbunuh bisa karena banyak faktor. Salah satunya, menurut Bambang, faktor materi bisa sangat memicu untuk pelaku melakukan pembunuhan terhadap anak tersebut.

"Kalau dinilai dari segi material bisa sangat mungkin. Apa lagi ada indikasi dugaan terkait karena ingin mendapatkan warisan," kata Bambang kepada ROL, Kamis (11/6). Menurutnya, dalam kasus tersebut bisa dilihat pelaku memiliki orientasi yang lebih terhadap materi atau kebendaan dibandingkan moral.

Lebih lanjut ia menjelaskan, biasanya jika orientasi terhadap materi lebih tinggi dimiliki oleh seseorang maka ambisi untuk memiliki sesuatu akan lebih tinggi. Sehingga, masih menurut Bambang, jika seseorang sudah ambisius maka apapun cara bisa saja dilakukan termasuk pembunuhan tersebut.

"Nah salah satunya itu, jika indikasi motif benar karena pelaku ingin mendapatkan warisan maka ini hanya karena materi. Sehingga dia sangat ingin memiliki warisan tersebut maka bisa melakukan pembunuhan," jelas Bambang.

Dia menyatakan, faktor tersebut bisa sangat mempengaruhi pelaku untuk melakukan hal yang tidak sehat. Bahkan menurut Bambang, akan melakukan hal yang menyimpang dan yang terjadi pada Angeline adalah salah satu contohnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement