Ahad 19 Apr 2015 19:35 WIB

BBM Jenis Baru, Pertalite Cocok untuk Motor Matic

Rep: C85/ Red: Ilham
 Seorang petugas melayani penjualan bahan bakan minyak (BBM) di salah satu SPBU Kawasan Tanah Abang, Jakarta, Rabu (18/3).
Foto: Prayogi/Republika
Seorang petugas melayani penjualan bahan bakan minyak (BBM) di salah satu SPBU Kawasan Tanah Abang, Jakarta, Rabu (18/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) berencana untuk meluncurkan produk baru BBM dengan kandungan RON 90 bernama Pertalite. Produk baru ini digadang-gadang akan diluncurkan pada Mei mendatang dan bertujuan sekaligus untuk menekan impor RON 88. Lantas apa kelebihan Pertalite, selain tentunya kandungan RON yang lebih tinggi?

VP Ritel dan Marketing Pertamina, Iskandar menjelaskan, berdasarkan tes laboratorium yang sudah dilakukan, maka produk Pertalite disebut sesuai untuk kendaraan jenis motor matic. Motor matic, lanjutnya, memiliki minimum requirement bahan bakar dengan kandungan RON 90.

"Matic itu minimum kebutuhan ada di ron 90. Ini kan proses panjang ya, masih harus uji engine dan komposisi dan segala macam. Kami yang penting sudah lakukan uji untuk kendaraan," kata Iskandar, Ahad (19/4).

Selain itu, Iskandar juga mengaku, Pertamina telah lakukan koordinasi dengan Gabungan Industi Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dalam uji lapangan dengan produk Pertalite. Dengan diluncurkannya Pertalite, bertambah pula jajaran produk yang ditawarkan Pertamina selain Pertamax dengan RON 92, Pertamax plus dengan RON 95, dan Pertamax Racing dengan RON 100.

"Pertama penentuan untuk membuat produk Pertalite ini kami juga koordinasi dengan Gaikindo dan asosiasi lainnya. Strategi nya untuk capai harga keekonomian produsen otomotif. Secara kebutuhan minimal sudah terpenuhi. Seingat kami juga ada dua produk lain ada pertamax plus dan pertamax racing yang sampai 100 oktannya," ujar Iskandar.

Selain untuk memenuhi spesifikasi kendaraan, produk Pertalite juga dimaksudkan untuk menekan angka impor RON 88. Hingga akhir tahun nanti, sekitar 7 juta kilo liter BBM RON 88 bisa dihemat apabila Pertalite diterima pasar dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement