Ahad 19 Apr 2015 13:55 WIB

Pertamina RU VI Balongan Gelar Lomba Pemadaman Kebakaran

Rep: Lilis Handayani/ Red: Hazliansyah
Pertamina
Foto: borneomagazine.com
Pertamina

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Memeriahkan peringatan Bulan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) Nasional, Pertamina Refinery Unit VI Balongan menyelenggarakan Lomba Pemadam Kebakaran, Sabtu (18/4). Selain diikuti internal perusahaan, perlombaan yang dilaksanakan di lapangan bola Bumi Patra itu juga dimeriahkan oleh para pemuda dari empat desa penyangga.

Adapun empat desa itu yakni Desa Balongan, Desa Majakerta, Desa Sukareja dan Desa Sukaurip, Kecamatan Balongan. Empat tim dari keempat desa itu harus bersaing dengan enam tim dari internal RU VI.

Perlombaan berlangsung selama kurang lebih tiga jam, yang terbagi dalam lima sub lomba. Yakni sub lomba pemadaman api menggunakan Alat Pemadaman Api Ringan (APAR) untuk peserta puteri, fire engine, water rellay, rescue dan survival. Kelima sub lomba tersebut membutuhkan fisik dan stamina yang prima dari setiap peserta. 

Dalam sambutannya, General Manager RU VI Balongan, Yulian Dekri menyatakan, kegiatan itu diharapkan dapat lebih membudayakan aspek K3 kepada keluarga besar RU VI Balongan maupun masyarakat sekitar. Hal itu terutama terkait kesadaran terhadap bahaya api. 

''Dengan demikian, para peserta lomba dapat lebih siap apabila menghadapi kejadian yang sesungguhnya,'' tutur Yulian. 

Tak hanya itu, diikutsertakannya peserta dari masyarakat desa penyangga juga dimaksudkan sebagai upaya mempererat tali silaturahmi antara perusahaan dengan masyarakat sekitar. Selain itu, keikutsertaan pihak eksternal tersebut menjadi upaya perusahaan dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait praktek-praktek menghadapi bahaya api. 

Keluar sebagai pemenang dalam lomba itu adalah Kelompok Api Alam dari Desa Majakerta sebagai juara 1, Kelompok Laskar dari Desa Balongan sebagai juara 2, dan kelompok Premium dari Internal RU VI sebagai juara 3. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement