Sabtu 18 Apr 2015 02:37 WIB

Menteri Marwan: 15 Ribu Desa Belum Teraliri Listrik

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar.
Foto: Ist
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar menyatakan sekitar 15 ribu desa di Indonesia belum teraliri listrik.

"Hingga saat ini ada 39.086 desa di Indonesia yang tertinggal atau sekitar 52,78 persen dari total desa yang ada," katanya dalam 'Open Talk: Dari Desa untuk Bangsa' di Rektorat ITS Surabaya, Jawa Timur, Jumat (17/4).

Menurut Menteri Marwan Jafar, perguruan tinggi mempunyai peran strategis dalam pembangunan pedesaan, sebab isi dari tridharma perguruan tinggi adalah pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

"Untuk itu, ada beberapa yang bisa dilakukan oleh perguruan tinggi dalam berperan membangun pedesaan, di antaranya melakukan penelitian dalam teknologi, terutama teknologi tepat guna," katanya.

Peran lain adalah melakukan kuliah kerja nyata (KKN) untuk melakukan pembinaan dan penyuluhan terhadap masyarakat, dan melakukan pendampingan untuk mengawal undang-undang desa.

Selain itu, melakukan pembinaan secara berkesinambungan terhadap desa (desa binaan) untuk mengembangkan produk unggulan desa yang memiliki nilai jual tinggi.

"Jangan hanya berpangku tangan di Jawa. Di luar Jawa masih banyak potensi yang belum tergarap secara maksimal, karena itu alumni perguruan tinggi seperti harus mengolah daerah-daerah itu dalam rangka membangun bangsa dan negara," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement