Senin 06 Apr 2015 22:47 WIB

UMM Anugerahkan Jas Kehormatan pada KASAD TNI

UMM Sematkan jas kehormatan pada KASAD TNI
Foto: Dok: UMM
UMM Sematkan jas kehormatan pada KASAD TNI

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melanjutkan hubungan baiknya dengan jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Kali ini, UMM kedatangan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Gatot Nurmanto untuk mengisi stadium general yang berlangsung di UMM Dome, Senin (6/4).

Panglima Kodam (Pangdam) V Brawijaya Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Eko Wiratmoko juga turut hadir dalam kegiatan ini. Tahun lalu, UMM kedatangan Panglima TNI Jenderal Moeldoko, juga untuk menyampaikan stadium general. Begitu pula Pangdam V Brawijaya periode 2010-2013 Mayjen TNI Murdjito dan Komandan Korem 083 Baladika Jaya Kol Arm Totok Imam Santoso yang juga pernah mengunjungi UMM untuk kegiatan berbeda.

Menariknya, UMM memiliki tradisi menyematkan jas almamater kampus ini pada jajaran TNI yang hadir sebagai simbol penganugerahan keluarga kehormatan UMM. Pada kegiatan yang dihadiri lebih dari 8000 mahasiswa ini, Gatot Nurmanto juga disematkan jas almamater sebagai tanda kehormatan.

Dalam pidatonya, Gatot Nurmanto menjelaskan tentang penguatan mental generasi muda menghadapi perang proxi (proxy war) dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Saya percaya, Anda-lah penentu keutuhan bangsa ini,” ucapnya disambut applause ribuan mahasiswa yang memadati gedung bundar ini seperti dalam rilis yang diterima Republika Online.

Sebelum dimulainya stadium general, mahasiswa dihibur atraksi beladiri Yong Modo yang ditampilkan oleh tim dari Kodam V Brawijaya. “Yong Modo merupakan bukti bahwa TNI siap mempertahakan NKRI dengan cara apapun, sekalipun senjata sudah tak lagi di tangan,” kata Letnan Kolonel Inf Didik Suriadi sembari mengarahkan tim Yong Modo ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement