Jumat 27 Mar 2015 12:58 WIB

Telkom Siap Berikan Jaringan Untuk UN Online

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Satya Festiani
Kantor PT Telkom.
Foto: Telkom
Kantor PT Telkom.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- PT Telkom Indonesia, Tbk Regional VII  yang membawahi Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua mengaku siap dalam memberikan fasilitas jaringan, untuk pelaksanaan ujian nasional berbasis Computer Based Test (CBT) di Sulawesi Selatan.

Kepala Divisi PT Telkom Indonesia  Tbk Regional VII Mohammad Firdaus mengatakan, sejauh ini pihaknya belum mendapatkan informasi mengenai ditunjuknya pihak Telkom sebagai penyedia jasa fasilitas jaringan.

Namun, Firdaus menegaskan, pihaknya siap  memberikan fasilitas yang terbaik, dan juga tenaga teknis yang siap memasang jaringan dalam pelaksanaan UN Online ini.

"Secara umumkan ini setiap sekolah sudah ada jaringan, tinggal bagaimana aplikasinya saja di lapangan , " kata Firdaus, Jumat (27/3).

Mengenai kemungkinan terjadi masalah jaringan, Firdaus menjelaskkan, PT Telkom menjamin hal tersebut tidak akan terjadi. Dia menjelaskan bahwa selama ini, pihaknya memiliki program, School net yang mana tidak ada lagi sekolah  tidak memiliki jaringan.

Semetara, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Salam Soba menyambut baik kalau ada jaminan dari pihak PT Telkom bahwa masalah jaringan ketika pelaksanaan UN Online. Namun, Salam mengatakan kalau pihaknya akan berkoordinasi soal ini, karena masalah jaringan menjadi kewenangan dari pihak Kementerian Pendidikan, Dasar, Menengah dan Kebudayaan.

Dia menjelaskan bahwa yang  menangani mengenai UN online, pemerintah pusat dalam hal ini Pusat Komunikasi dan Informasi, Kemendikbud bahkan Kepala Balai Kajian Teknologi Informasi dan Komunikasi (Tekkom) Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan telah di undang membahas masalah ini.

"Kami akan koordinasi pada BKTIK Sulsel, mengenai kesiapan pelaksanaan UN Online " terangnya

Seperti diketahui, Kemendikbud telah mengumumkan hasil verifikasi dan memberikan pengumuman terhadap 24 Sekolah di Sulsel yang akan melaksanakan UN Online, yang mana antara lain SMA Negeri 1 Makassar, SMA Negeri 3 Makassar, SMA Negeri 5 Makassar, SMA Frater Makassar, SMA 11 Makassar, SMA 15 Makassar, SMA 17 Makassar, SMA Atirah, SMK 2, SMK 3, SMK 4, SMK 5, SMK Negeri 1 Makassar, sedangkan Parepare SMA Negeri 5 Parepare, SMK Amsir Parepare dan SMP 2 Parepare.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement