Kamis 26 Mar 2015 20:26 WIB

Angin Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Karta Raharja Ucu
Puting beliung (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Puting beliung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bencana angin puting beliung menimpa permukiman warga di Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (25/3) kemarin. Dalam peristiwa itu puluhan rumah mengalami kerusakan.

Informasi yang diperoleh ROL menyebutkan, bencana puting beliung menerjang dua kampung di Desa Hegarmanah, Warungkiara, yakni Bayangkang dan Kaum. Akibatnya, sebanyak 29 rumah mengalami kerusakan dari ringan hingga berat.

'' Dari hasil pendataan sementara, rumah yang rusak sebanyak 29 unit,'' ujar Kepala Desa Hegarmanah, Ade Ruslan kepada wartawan, Kamis (26/3). Rinciannya, sebanyak 14 rumah rusak berat dan 15 rumah rusak ringan.

Jumlah kerugian lanjut Ade, diperkirakan mencapai Rp 100 juta. Selain merusak rumah, akses jalan juga sempat terhalang oleh poho yang tumbang karena diterjang angin kencang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Usman Susilo mengatakan, ada sebanyak 90 jiwa yang terdampak bencana puting beliung di Desa Hegarmanah.'' Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini,'' cetus dia.

Menurut Usman, bencana ini merusak sebanyak delapan rumah di Kampung Bayangkan. Sementara di Kampung Kaum sebanyak 13 unit rumah rusak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement