Kamis 12 Mar 2015 17:17 WIB

Monorel Jabar Akan Gunakan Teknologi Jerman

Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan Jajaki Monorel di Cina
Foto: Rachmat Santosa Basarah/ republika
Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan Jajaki Monorel di Cina

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Asistan Daerah IV Bidang Administrasi Setda Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan monorel Bandung Raya yang digagas oleh Pemprov Jabar akan menggunakan teknologi dari Jerman dan Prancis.

"Teknologinya dari Jerman dan Prancis saya pernah mencoba contoh monorel yang akan dibangun di sini saat berkunjung ke Cina. Walaupun kerjasama dengan Cina tapi teknologi yang digunakan dari Jerman," kata Iwa Karniwa di Bandung, Kamis.

Ia mengatakan, keseriusan pemerintah Cina dalam menjalin kerjasama untuk membangun proyek monorel di Jawa Barat semakin terlihat.

"Monorel ini pekerjaan yang cukup berat. Kemarin kita dengan China National Machinery Import and Export (CMC) juga ada 14 delegasi dari pemerintah Tiongkok, khususnya provinsi Chong Qing," katanya.

Menurut dia, pemerintah Cina membantu pihaknya dalam membuat studi kelayakan, keuangan dan lain-lain.

"Pokoknya prinsip kerjasama antara kami dengan mereka (Cina) dalam proyek ini sifatnya b to b atau business to businnes," kata dia.

Oleh karena itu, lanjut ia, pada April mendatang ditargetkan trase pertama proyek monorel Bandung Raya yang digagas oleh Pemprov Jabar bisa dicapai.

"Hasil pembahasan umumnya mereka komitmen mendukung monorel ini. Mudah-mudahan trase pertama yang menghubungan Leuwipanjang-Gedebage-Jatinangor-Tanjungsari bisa tercapai," kata dia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement