Senin 02 Mar 2015 13:05 WIB
Kongres IV PAN

Sejarah PAN Akan Berulang Jika Soetrisno Bachir Ketua MPP

Rep: Agus Raharjo/ Red: Angga Indrawan
Soetrisno Bachir
Foto: antara
Soetrisno Bachir

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA -- Setelah pemilihan ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) selesai, kongres ke-IV PAN masih menyisakan pekerjaan rumah untuk memilih Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN. Nama yang santer disebut pendukung Zulkifli Hasan akan menggantikan posisi Amien Rais adalah mantan ketua umum PAN, Soetrisno Bachir.

Ketua MPP PAN, Amien Rais mengatakan, kalau Mas Tris (sapaan Soetrisno Bachir) menjadi ketua MPP PAN, maka sejarah pimpinan PAN akan berulang. "Saat saya jadi ketum, Sekjennya Hatta Rajasa, saat Mas Tris jadi ketum, sekjennya Zulkifli Hasan, saat Hatta jadi ketum saya MPP, saat Zulkifli jadi ketum, siapa MPP-nya?," kata Amien Rais, Senin (2/3).

Nama Soetrisno Bachir menjadi kandidat kuat yang dimajukan oleh pendukung Zulkifli Hasan. Bahkan, pemilihan Soetrisno Bachir direncanakan akan dilakukan aklamasi di hari ketiga kongres PAN di Bali. Pemilihan ketua MPP akan dilakukan setelah pleno sidang komisi dilakukan.

Soal kans, Ketua Barisan Muda PAN, Yandri Soesanto memperkirakan peluang Soetrisno Bachir sangat besar. "Kalau tadi suara kencang kongres, Insya Allah Mas Tris akan diaklamasikan menjadi ketua MPP," kata Yandri, Senin (2/3).

Yandri menambahkan, jika aklamasi Soetrisno Bachir terjadi di kongres PAN hari ketiga ini, maka agenda pemilihan ketua MPP dan formatur berjalan dengan baik. Sebab, selain Soetrisno Bachir, belum ada nama calon lain yang akan maju dalam merebutkan kursi MPP. Tim sukses Zulkifli Hasan juga menambahkan, Hatta Rajasa belum menunjukkan niat untuk maju sebagai ketua MPP.

"Belum tersirat Pak Hatta akan maju lagi," tegas Yandri.

Kongres Nasional IV PAN di hari ketiga ini akan mengagendakan pembahasan komisi-komisi untuk menentukan arah dan kebijakan PAN 5 tahun kedepan. Selain itu, juga akan diagendakan pemilihan ketua formatur dan ketua MPP PAN.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement