Rabu 18 Feb 2015 14:12 WIB

Kemenlu Enggan Spekulasi Hubungan RI-Australia Pascaeksekusi

Rep: Gita Amanda/ Red: Yudha Manggala P Putra
Tonny Abbott
Foto: abc news
Tonny Abbott

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Kementerian Luar Negeri Indonesia mengatakan tak mau berspekulasi mengenai hubungan bilateral Indonesia-Australia, jika pelaksanaan eksekusi tetap dilakukan. Namun hingga saat ini Kemenlu mengatakan belum ada perubahan rencana dari pemerintah terkait pelaksaan eksekusi.

"Saya nggak mau berspekulasi saat ini," ujar juru bicara Kemenlu RI Arrmanantha Nasir pada wartawan di Kantor Kemenlu RI, Rabu (18/2).

Tata menambahkan, hingga saat ini belum ada perubahan mengenai rencana eksekusi mati kedua warga negara Australia Andrew Chan dan Myuran Sukumaran. Meski Perdana Menteri Australia Tony Abbott terus melakukan berbagai upaya untuk menghentikan eksekusi dua warganya.

"Sampai sekarang belum ada perubahan (rencana eksekusi)," ungkap pria yang akrab disapa Tata tersebut.

Perdana Menteri Abbott melakukan berbagai upaya untuk membatalkan eksekusi mati keduanya, mulai dari cara halus hingga komentar yang cukup pedas. Dalam komentar terbarunya Abbott menyatakan, Indonesia semestinya membalas budi atas bantuan Australia saat bencana tsunami 2014 lalu.

Sebelumnya, Abbott juga menyatakan sudah muak dengan pemerintah Indonesia yang tetang 'ngotot' melakukan eksekusi kedua warganya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement