Jumat 13 Feb 2015 11:29 WIB
Calon kapolri baru

Mensesneg: Kompolnas Serahkan Calon Kapolri Pengganti BG

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Sekretaris Negara Pratikno.
Foto: Antara
Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi sinyal tak akan melantik Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai kepala Polri. Sinyal tersebut semakin menguat pasca-Jokowi memanggil Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ke Istana Merdeka.

Presiden juga telah melakukan tertutup dengan enam komisioner Kompolnas pada Selasa (10/2). Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno membenarkan, Kompolnas datang untuk menyerahkan rekomendasi calon kepala Polri pengganti BG.

"Kompolnas menyerahkan surat, nama-nama yang direkomendasikan, sudah dilihatkan ke Presiden," kata mantan rektor UGM tersebut, kemarin.

Menurut Pratikno, nama-nama yang direkomendasikan adalah mereka yang memenuhi persyaratan menjadi kapolri. Meski demikian, tidak ada ranking nilai dalam daftar yang diserahkan Kompolnas. "Tidak pakai nilai tentu saja, tetapi di situ ada nomor satu, dua, tiga, empat, dan seterusnya," katanya.

Pratikno menyebut, Presiden masih mempelajari nama-nama yang diberikan. Sehingga, belum ada satu nama yang dipilih presiden untuk kemudian kembali diajukan pada DPR. "Presiden masih menunggu waktu yang tepat," ujar Pratikno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement