Jumat 06 Feb 2015 10:38 WIB

Pemkab Tangerang Bangun RSUD untuk Warga Kawasan Pantai Utara

Pembangunan RSUD Kota Tangerang
Foto: antara
Pembangunan RSUD Kota Tangerang

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, berencana membangun sebuah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kecamatan Pakuhaji senilai Rp 80 miliar untuk melayani warga di kawasan Pantai Utara.

"Proyek tersebut mengunakan dari APBD tahun jamak sehingga diperkirakan rampung pada tahun 2017," kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar di Tangerang, Jumat.

RSUD itu akan dibangun di atas lahan seluas 4.000 meter persegi yang merupakan bekas Kantor Kecamatan Pakuhaji. Dia menambahkan bahwa dana proyek tersebut sudah disetujui DPRD Kabupaten Tangerang dan pelaksaaan pekerjaan dimulai awal Februari 2015.

"Pada tahap awal para pekerja mulai meratakan lahan dan merobohkan kantor camat yang dianggap tidak layak untuk digunakan," ujarnya.

Rencananya, proyek RSUD itu dibangun tiga lantai dan dilengkapi sejumlah ruangan untuk dapat melayani kesehatan penduduk setempat. Sedangkan kantor camat dipindahkan ke lokasi yang tidak jauh dari tempat semula ke arah Selatan Mapolsek Pakuhaji.

Ia menjelaskan bahwa proyek RSUD itu terselenggara karena adanya aspirasi warga Pantai Utara Kabupaten Tangerang. Warga di daerah itu mengalami kesulitan bila hendak berobat ke rumah sakit yang berada di Kota Tangerang atau ke Balaraja.

Selain itu, tambahnya, ada juga warga setempat yang berobat ke RS di Jakarta akibat tidak tersedianya RSUD dan hanya dapat dilayani petugas medis Puskesmas setempat dengan peralatan kesehatan terbatas.

Aspirasi warga itu, katanya, akhirnya dituangkan dalam musyawarah pembangunan di tingkat Kecamatan Pakuhaji kemudian diteruskan ke Pemkab Tangerang dan akhirnya disetujui DPRD setempat.

Ia menambahkan bahwa keberadaan RSUD itu sangat dibutuhkan warga Pantai Utara, seperti di Kecamatan Mauk, Teluknaga dan Sukadiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement