Senin 02 Feb 2015 12:00 WIB

Bahas Polri dan Freeport, Pimpinan DPR Temui Presiden

Rep: agus rahardjo/ Red: Taufik Rachman
Areal tambang Freeport
Areal tambang Freeport

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dijadwalkan akan menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Senin (2/2) sore ini. Dijadwalkan kelima pimpinan DPR akan diterima oleh Jokowi pukul 14.30 WIB.

Wakil Ketua DPR RI, Agus Hermanto mengatakan pimpinan DPR mewakili anggota DPR untuk menyampaikan dua persoalan yang harus segera dijelaskan oleh Jokowi. "Terkait dengan Polri dan perpanjangan MOU Freeport yang kemarin baru diperpanjang," kata Agus Hermanto di kompleks parlemen, Senin (2/2).

Pertemuan dengan Jokowi hari ini merupakan usulan dari sidang paripurna yang digelar minggu lalu untuk menggelar rapat konsultasi. Dalam rapat konsultasi ini, DPR hanya berhak untuk bertanya pada Jokowi atas kebijakan yang telah diambilnya. DPR tidak dapat mengintervensi Presiden dalam keputusannya."Rapat konsultasi, topiknya kita sampaikan, supaya lebih tuntas," kata Agus Hermanto.

Sebelumnya, soal Polri, Jokowi sudah mengajukan calon tunggal Kapolri yang baru. Namun, calon Kapolri baru ini ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sehingga meskipun sudah lolos uji kelayakn DPR belum juga dilantik Jokowi. 

Kalau soal Freeport, beberapa minggu lalu pemerintah akhirnya memerpanjang nota kesepakatan amandemen karya dengan freeport yang membuat pabrik emas terbesar di dunia ini memiliki kelonggaran untuk tetap mengekspor bahan mentah. Padahal, hal itu dinilai melanggar UU mineral dan batubara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement