Senin 12 Jan 2015 16:31 WIB

Kongres PAN tak Hanya Pilih Ketum

Rep: c89/ Red: Esthi Maharani
Partai Amanat Nasional (PAN)
Foto: pan.or.id
Partai Amanat Nasional (PAN)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua panitia kongres Partai Amanat Nasional (PAN) ke IV, Taufik Kurniawan menjelaskan agenda penting dalam Kongres PAN yang akan berlangsung di Bali. Ia mengatakan kongres tak hanya membahas pemilihan Ketua Umum (Ketum) tetapi juga membahas sikap politik PAN ke depan.

"Kongres tidak hanya soal pilih ketum. Sama-sama penting tentukan sikap partai," katanya di kompleks parlemen, Senin (12/1).

Dia menuturkan, baru kali ini PAN berada di luar pemerintahan. Sehingga apa yang menjadi keputusan partai tersebut penting untuk dibicarakan.

Mengenai agenda pemilihan ketum, ia menegaskan mekanismenya adalah tergantung keputusan pemilik suara kongres. Dalam hal ini, meski ada amanat sesepuh partai, Amien Rais untuk dilakuan regenerasi, tetapi amanat itu bukan pemaksaan.

"Keputusan tergantung semua peserta kongres bagaimana mengambil sikap," katanya.

Dia melanjutkan, dalam kultur PAN, kekeluargaan tetap terjaga. Seluruh aspirasi, pendapat akan ditampung  secara demokratis.

Termasuk soal pemilihan ketum nanti, apakah akan dilaksanakan dalam mekanisme voting atau aklamasi tidak menjadi masalah. Selama dalam konteks dalam demokratis.

"Ada yang dukung pa Hatta, ada yang dukung pa Zul, masukan kita tampung. Itu menjadi bagian dari pesta demokrasi," ungkap wakil ketua DPR RI periode 2014/2019 ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement