Jumat 09 Jan 2015 13:42 WIB

109 Kepala Negara Bakal Hadiri KTT Asia Afrika di Jakarta dan Bandung

Rep: Halimatus Sa'diyahn/ Red: Hazliansyah
Museum Konferensi Asia Afrika
Foto: wisatabandung.info
Museum Konferensi Asia Afrika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peringatan 60 tahun KTT Asia Afrika dan 10 tahun New Asian African Strategic Partnership akan digelar di Jakarta dan Bandung pada April mendatang. Sebanyak 109 kepala negara bakal hadir dalam forum internasional tersebut.

"Kita mengundang 109 kepala negara dan 25 organisasi internasional," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsoedi, usai rapat terbatas persiapan KTT Asia Afrika di Kantor Presiden, Jumat (9/1). 

Acara peringatan 60 tahun KTT Asia Afrika sendiri akan digelar dalam dua sesi. 

Retno menjelaskan, sesi pertama akan berlangsung di Jakarta pada 19 sampai 23 April. Sesi tersebut akan terdiri dari beberapa pertemuan, mulai dari pertemuan tingkat pejabat tinggi, tingkat menteri, dan diakhiri dengan pertemuan kepala negara. Kemudian, sesi kedua, yakni acara peringatannya, akan digelar di Bandung pada 24 April.

"Tadi presiden memberi arahan, selain acara pokok, juga dilakukan event besar Asia-Afrika Summit dan Asia-Afrika Carnaval yang akan dikelola wali kota Bandung dan Pemprov Jawa Barat," ucap menteri luar negeri perempuan pertama tersebut.

Menurut Retno, dalam KTT Asia Afrika nanti, Indonesia akan mendorong penguatan kerjasama selatan-selatan. Kerjasama tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam menciptakan perdamaian dan kesejahteraan dunia. 

Retno mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan segala sesuatu jelang event besar tersebut. Kemenlu juga dibantu oleh perwakilan Indonesia yang berada di New York, Amerika Serikat.

"Digodok di sini, kemudian dibawa ke New York untuk dimatangkan dan kembali kesini untuk dibahas lagi," ujar dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement