Senin 05 Jan 2015 07:05 WIB

Sekitar 20 Persen Jalan di Lampung Rusak

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Erik Purnama Putra
Jalan rusak parah (ilustrasi).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Jalan rusak parah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID BANDAR LAMPUNG -- Sejumlah ruas jalan baik nasional maupun provinsi dan kabupaten/kota di Lampung memasuki musim penghujan mulai mengalami kerusakan. Kerusakan jalan berupa lubang di badan jalan merata hingga 20 persen, yang mengancam keselamatan pengendara lalu lintas.

Ketua Komite Pemantau Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Indonesia (Komplain) Lampung, Mirwan Karim mengatakan, saat ini kondisi jalan yang rusak berulubang di Lampung sudah mulai menghkawatirkan keselamatan para supir dan penumpang di jalan.

Menurut dia, pemerintah daerah dan pusat harus segera memperbaiki jalan rusak segera, karena mengancam keselamatan pengendara. Kecelakaan tunggal akan terjadi bila jalan dibiarkan terus rusak dan lubang jalan kian mendalam.

"Kerusakan sudah merata di semua lini jalan nasional dan kabupaten/kota. Kami pantau sekitar 20 persen rusak. Ini rawan kecelakaan tunggal," ujar Mirwan Karim kepada Republika di Bandar Lampung, Senin (5/1).

Sampai memasuki tahun 2015, ia mengatakan belum ada tanda-tanda pemerintah akan memperbaiki atau menambal jalan-jalan yang sudah berlubang tersebut. Kerusakan jalan lebih dominan karena faktor kondisi cuaca hujan ditambah dengan melintasnya kendaraan lebih muatan, berkontribusi merusak aspal jalan.

Kecenderungan terjadi kecelakaan tunggal sangat mungkin, karena kondisi lubang jalan berada di tengah jalan dan bila musim hujan tiba, pengendara tak mampu memerhatikan lubang jalan yang sudah tergenang air.

Dia mengatakan pemerintah harus memperbaiki jalan, karena bila terjadi kecelakaan tunggal akibat jalan rusak berdasarkan Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan jalan, korban kecelakaan tunggal dapat menuntut pemerintah secara hukum.

"Kalau terjadi kecelakaan tunggal akibat jalan rusak korban dapat menuntut kepada pemiik jalan (pemerintah daerah dan pusat)," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement