Selasa 23 Dec 2014 02:02 WIB

Di DIY, Hanya Tinggal 26 Desa Rawan Pangan

Rep: neni ridarineni/ Red: Esthi Maharani
Pemandangan suasana pedesaan.
Foto: panca/republika
Pemandangan suasana pedesaan.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA –  Jumlah desa rawan pangan di DIY tinggal 26 desa dari 62 desa rawan pangan yang masih ada di akhir tahun 2013. Berarti selama 2014 tercapai 36 desa yang sudah tidak rawan pangan/berhasil dientaskan dari desa rawan pangan.

‘’Artinya bagus,’’ kata Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) DIY Arofah Noor Indriani pada //Republika//, Senin (22/12). 

Apabila dilihat per kabupaten dari  26 desa yang masih rawan pangan perinciannya adalah: Kabupaten Kulonprogo sebanyak 12 desa, kabupaten Gunungkidul sebanyak tujuh desa, kabupaten Bantul sebanyak lima desa dan kabupaten Sleman sebanyak dua desa.  

‘’Itu data yang kami peroleh dari laporan kabupaten/kota se DIY sampai hari ini. Alhamdulillah selama 2014 desa rawan pangan banyak yang berhasil dientaskan dan hal ini di luar dugaan kami. Padahal targetnya setiap tahun desa rawan pangan berkurang rata-rata sembilan desa,’’ungkap dia. 

Penentuan desa rawan pangan  dinilai berdasarkan tiga indikator yakni ketersediaan pangan, akses pangan (kemiskinan) dan pemanfaatan pangan(kesehatan).

‘’Di DIY desa yang dikategorikan rawan pangan karena disebabkan oleh salah satu indikator saja. Penyebab terbesar desa rawan di DIY adalah kemiskinan (akses pangan). Biasanya desa rawan pangan dengan indikator ketersediaan pangan, dialami oleh warga yang tinggal di daerah pinggiran seperti di Kasihan, Depok, dan sebagainya. Karena mereka tidak memiliki lahan. Namun daya beli mereka tinggi,’’jelas Arofah.

Selanjutnya dia mengatakan untuk mengurangi desa rawan pangan yang karena indikator akses pangan, harus dillakukan pengentasan kemiskinan.  Desa rawan pangan dengan indikator pemanfaatan pangan ini bisa dilihat dari kecukupan gizi yang kurang. Di DIY Kecukupan kalori karbohidrat sekitar 96 persen sedangkan kecukupan kalori nasional 98 persen. Sementara itu kecukupan kalori protein sudah melampaui yakni 104 persen.

Di tahun 2015 BKPP DIY selain mengurangi desa rawan pangan juga akan mengurangi desa waspada pangan sebanyak 16 desa yakni: masing-masing tujuh desa di Kabupaten Kulonprogo dan Sleman serta masing-masing satu desa di Kabupaten Bantul dan Gunungkidul. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement