Selasa 16 Dec 2014 18:06 WIB

Ingin Maju Jadi Ketum Demokrat, Pasek Paparkan Tiga Alasan

Rep: c13/ Red: Mansyur Faqih
Gede Pasek Suardika
Foto: Republika/Wihdan
Gede Pasek Suardika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota DPD, Gede Pasek Suardika siap maju menjadi ketua umum Partai Demokrat yang akan digelar pada 2015. Ia yakin maju karena didukung beberapa kader Demokrat.

"Karena didukung, ya saya hargai," ujar Pasek saat dihubungi ROL, Selasa (16/12). 

Menurutnya, tidak ada hal yang bisa menghalangi para kader Demokrat untuk maju mencalonkan diri menjadi ketua umum. Karena, setiap kader memiliki hak untuk maju dan mencalonkan diri.

Ia menjelaskan, punya tiga alasan sehingga memutuskan maju mencalonkan diri menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pertama, pencalonan dilakukan sebagai respons muculnya gerakan aklamasi dan dukungan bermaterai untuk menjadi ketum Demokrat. 

Menurutnya, sikap ini tentu termasuk ke dalam hal yang tidak demokratis untuk dilakukan. "Saya ingin menciptakan demokrasi yang sehat," jelasnya.

Kedua, Pasek memaparkan, ingin menciptakan Demokrat sebagai generasi baru dan pejuang. Ia tidak ingin menjadikan para kader Demokrat hanya sebagai generasi penikmat. Atau generasi yang tidak fokus menata Demokrat.

Alasan selanjutnya, Pasek ingin memperkuat soliditas dan kekeluargaan di Demokrat. "Jadi bukan partai keluarga," tegasnya.

Karenanya, kata Pasek, para kader Demokrat lainnya diharapkan tidak perlu marah jika ada kader yang mencalonkan diri menjadi ketum.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement