Rabu 12 Nov 2014 03:59 WIB

Lokasi Car Free Day di Bekasi akan Ditambah

Car Free Day (ilustrasi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Car Free Day (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat, tengah melakukan kajian lalu lintas di dua ruas jalan yang akan dijadikan sebagai lokasi baru "car free day" atau hari bebas kendaraan.

"Kalau selama ini "car free day", hanya di Jalan Ahmad Yani, nanti akan ditambah dua lokasi baru yakni di Perumahan Galaxy, Bekasi Selatan, dan Harapan Indah, Bekasi Utara," kata Kepala Bagian Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota Bekasi, Ikhwanudin di Bekasi, Selasa.

Menurut dia, dua lokasi baru itu tengah diuji pihaknya dari segi kelayakan jalan, potensi kemacetan, dan juga respon masyarakatnya.

"Kami kaji dulu ruas jalannya layak atau tidak dijadikan lokasi car free day," ujarnya.

Secara umum, kata dia, kedua lokasi baru itu tidak ada kendala bila dimanfaatkan sebagai lokasi car free day mengingat berada dalam lingkungan perumahan.

"Selama bukan di jalan utama, saya rasa tidak masalah. Kalau perumahan kan relatif sedikit lalu lintas kendaraannya," katanya.

Menurut Ikhwanudin, car free day di Harapan Indah ditargetkan sudah bisa beroperasi pada 2015 mendatang, namun untuk di Galaxy masih perlu kajian.

"Di Galaxy saya belum bisa tentukan titiknya di mana. Karena kajiannya belum rampung 100 persen," ujarnya.

Menurut dia, car free day di Harapan Indah tidak bisa dilakukan setiap sepekan sekali seperti yang saat ini berlaku di Jalan Ahmad Yani.

"Paling mungkin seminggu dua kali mulai pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB karena personel kita pun terbatas," katanya.

Jumlah personel yang akan disiagakan di Harapan Indah paling banyak 20 personel untuk mengantisipasi kemacetan di sekitar Jalan Sultan Agung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement