Jumat 24 Oct 2014 19:49 WIB
Kabinet Jokowi

PKS: Kenapa Baru Sekarang KPK Sebut Ada Calon Menteri Terindikasi Korupsi

Rep: C14/ Red: Erdy Nasrul
Gedung KPK
Gedung KPK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid, mengkritik kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dewasa ini.

Hidayat menyayangkan, mengapa baru pada waktu Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyeleksi nama-nama calon menteri, KPK berani mengumumkan ke khalayak adanya delapan orang tokoh publik yang korup.

"Ke mana saja KPK selama ini?" kata Wakil Ketua MPR RI itu retoris di Kompleks Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, pada Jumat (24/10).

Hidayat menilai, KPK hanya berhak memberi masukan, bukan larangan, kepada Presiden Jokowi terkait nama-nama calon menteri pada Kabinet Trisakti.

Maka, penilaian dari KPK terhadap nama-nama yang diajukan Presiden Jokowi itu bukanlah persyaratan mutlak dalam menyeleksi calon menteri. Sebab, Hidayat kembali menegaskan, memilih menteri adalah hak prerogatif Presiden.

"KPK jangan menyandera hak tiap warga negara Indonesia (untuk dipilih sebagai calon menteri) dengan pelabelan merah itu," ujar Hidayat.

Sebelumnya, pada Jumat (17/10) Presiden Jokowi telah menyerahkan 43 nama calon menteri ke KPK dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk diselidiki terkait rekam jejak mereka.

Namun, dari ke-43 nama itu, KPK memberi tanda merah (bahaya) terhadap delapan nama calon menteri. Hal itu kemudian dianggap oleh sebagian kalangan ikut memengaruhi lamanya proses pengumuman susunan kabinet, yang dibentuk Presiden Jokowi. (C14)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement