Rabu 22 Oct 2014 13:50 WIB

Tujuh Penyebab Molornya Pengumuman Kabinet Jokowi

Rep: c87/ Red: Erdy Nasrul
harta kekayaan jokowi
harta kekayaan jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik dari Lingkar Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti menilai ada beberapa alasan mandegnya pengumuman nama-nama yang menduduki kabinet Jokowi-JK

Sebelumnya, santer terdengar bahwa Jokowi akan mengumumkan susunan kabinetnya satu hari pascapengambilan sumpah jabatan.

"Kenyataannya hingga hari ini belum ada kepastian apakah akan diumumkan atau tidak," kata Ray melalui pernyataan kepada wartawan, Rabu (22/10).

Menurutnya, tentu tidak mudah bagi Jokowi memastikan seseorang akan duduk di posisi yang tepat. Dan tidak mudah juga bagi Jokowi untuk memilih nama-nama yang bersumber dari berbagai pihak.

Setidaknya, ada enam sumber yang mesti diperhatikan Jokowi dalam memilih kabinet. Pertama, Tim transisi yang sejak awal memosisikan dirinya sebagai tim pemasok info kepada Jokowi. Kedua, PDIP khususnya pertimbangan dari Megawati Soekarno Putri sebagai Ketua Umum PDIP.

Ketiga, dari partai-partai koalisi Indonesia Hebat yang tentu saja akan mendorong kader-kader terbaik mereka. Keempat, masukan dari masyarakt umum.

Kelima, faktor Jusuf Kalla (JK) sebagai wakil presiden juga harus diperhatikan. Keenam, institusi seperti KPK dan PPATK khususnya terkait dengan data-data kekayaan calon menteri.

"Enam sumber ini belum disertai dengan keinginan dan pertimbangan dirinya sendiri. Jadi dapat disebut ada tujuh sumber," imbuhnya.

Dari tujuh sumber tersebut tentu banyak nama-nama yang disodorkan. Khususnya pada posisi kementerian strategis. Yakni kementerian yang berkaitan dengan ekonomi dan berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement