Sabtu 18 Oct 2014 16:16 WIB

Ini Warisan Baik SBY untuk Jokowi Versi Demokrat

Rep: c87/ Red: Mansyur Faqih
Ramadhan Pohan
Foto: Antara/Andika Wahyu
Ramadhan Pohan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wasekjen Partai Demokrat, Ramadhan Pohan menilai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) banyak meninggalkan warisan yang baik untuk Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Misalnya, dalam 10 tahun tidak ada sejengkal pun wilayah Indonesia yang lepas.

"Perhatian masalah kesehatan, pendidikan, dunia usaha, kredit usaha rakyat. Menurut saya itu bagus sekali apabila dilanjukan," ujar Ramadhan di Jakarta Pusat, Sabtu (18/10).

Menurutnya, jika semua program SBY dilanjutkan Jokowi, maka Indonesia akan menjadi lebih matang. Karena SBY telah mendedikasikan semuanya untuk rakyat Indonesia.

Antara lain, proses transisi politik dari pemerintahan SBY ke Jokowi. Proses transisi tersebut dinilai bagus karena baru pertama terjadi dalam sejarah Indonesia.

sehingga perlu diapresiasi dan menjadi tradisi. "Wajar kalau bangsa ini berterima kasih kepada Pak SBY," ujarnya.

Menurutnya, secara umum stabilitas pemerintahan Indonesia berjalan baik. Utang kepada Bank Dunia dan IMF pun sudah dilunasi sejak empat tahun lalu. 

Di internal, SBY telah duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan Barrack Obama dan kepala negara lainnya. Indonesia dianggap masuk kepemimpinan kancah global serta dihormati di Asean. "Selama SBY tidak ada satu jengkal wilayah yang lepas".

Karenanya, ia berharap pemerintah Jokowi-JK melanjutkan dan memperbaiki program SBY. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement