Senin 06 Oct 2014 20:31 WIB

Pembebasan Lahan Waduk Logung Ditarget Rampung Tahun Ini

Ilustrasi
Foto: Antara
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menargetkan pembebasan lahan untuk pembangunan Waduk Logung selesai tahun 2014.

"Apalagi, Pemerintah Provinsi Jateng dan Pemerintah Pusat sudah berkomitmen untuk membantu pembangunan waduk tersebut," ujar Bupati Kudus Musthofa di Kudus, Senin (6/10).

Rencananya, lanjut dia, tahun ini terdapat 49 pemilik lahan yang akan dibebaskan dan mendapatkan pembayaran.

Akan tetapi, kata dia, terdapat beberapa warga yang meminta ganti tanah. "Pemkab Kudus tetap berupaya memberikan ganti untung dengan uang tunai," ujarnya.

Apabila hingga akhir tahun 2014 belum juga selesai, kata dia, pemkab terpaksa menempuh jalur konsinyasi yang artinya uang ganti untung akan dititipkan ke Pengadilan Negeri Kabupaten Kudus.

Salah satu persyaratan untuk menempuh jalur konsinyasi, yakni pembebasan lahan untuk pembangunan waduknya harus sudah mencapai 75 persen.

Rencana pembangunan Waduk Logung di Kudus dirintis sejak 1970-an guna mengurangi dampak banjir di beberapa daerah di Kabupaten Kudus serta untuk keperluan suplai air bersih serta pengairan lahan pertanian.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement