Rabu 24 Sep 2014 10:16 WIB

Akpar BSI Yogyakarta Raih Empat Penghargaan Festival Kuliner

Festival kuliner Banjaroya
Festival kuliner Banjaroya

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Prestasi kembali diukir oleh mahasiswa AKPAR BSI Yogyakarta pada Festival Kuliner Banjaroya untuk kedua kalinya yang diadakan di Rest Area Pasar Bendo, Kalibawang, Kulonprogo pada tanggal 20-21 September 2014.

Pada festival ini mahasiswa AKPAR BSI Yogyakarta Jurusan Perhotelan berhasil memborong 4 buah piala yaitu sebagai pemenang ke 2, 3, dan Harapan 3 pada kategori masakan jagung. Sedangkan pada kategori masakan durian berhasil membawa piala sebagai pemenang ke 2.

Festival Kuliner Banjaroya ini adalah Festival kuliner yang diselenggarakan Dinas Pariwisata DIY bekerja sama dengan Disbudpora Kulonprogo. Acara ini dikemas dalam berbagai lomba masak serta pameran produk makanan lokal. Dalam acara ini juga dihadirkan hiburan dari Komunitas Band Yogjakarta serta penampilan kesenian tradisional Angguk Putri untuk menambah kemeriahan acara.

Dalam festival ini, ada empat jenis kategori masakan lokal yang dilombakan, masing-masing kategori terdiri dari 25 peserta/kelompok. Hari pertama merupakan lomba masakan berbahan baku singkong dan iwak kali. Sedangkan pada hari kedua, merupakan lomba masakan berbahan jagung dan durian.

Dalam kategori bahan jagung, kelompok Sadewa yang beranggotakan Ihwan dan Arif yang merupakan mahasiswa AKPAR BSI Yogyakarta semester 3 ini mengkreasikan masakan kroket dari jagung yang di beri nama Baby Corn Bird. Kroket yang dihiasi pucuk jagung muda yang berbentuk seperti kepala burung ini memperoleh gelar Juara 3.

Kelompok Fanas yang beranggotakan Fazri dan Yonas yang merupakan mahasiswa AKPAR BSI Yogyakarta semester 1 ini mengkreasikan kue lumpur dari jagung yang diberi kismis dan saos dari gula dan susu ini memperoleh gelar Juara 2.

Sedangkan Kelompok Frandit yang beranggotakan Fransiska dan Pradita yang duduk di semester 5 memperoleh Juara Harapan 3 dengan mengkreasikan talam jagung yang diberi saos gula jawa merah.

Terakhir di kategori bahan dasar durian, Vivin mahasiswa semester 5 ini berhasil meraih Juara 2 dengan mengkreasikan siomay citarasa durian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement