Rabu 17 Sep 2014 12:28 WIB

Kemenag Revisi Kalimat Ini dalam Buku Madrasah yang Bermasalah

Rep: C 78/ Red: Indah Wulandari
Buku madrasah yang sebut makam wali berhala
Foto: pbnu
Buku madrasah yang sebut makam wali berhala

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—Sebagai tindaklanjut atas masukan dari masyakarat terkait dengan Buku Pedoman Guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VII MTs, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama merevisi tiga kalimat yang dianggap menyinggung kelempok tertentu.

Kemenag pun telah mengeluarkan Surat Edaran No. SE./Dj. I/HK.00.7/133/2014 tentang Perbaikan Redaksi Buku Pedoman Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas VII.

“Terdapat tiga kalimat yang direvisi,” papar Direktur Pendidikan Madrasah Ditjen Pendis  Kemenag Nur Kholis Setiawan, Rabu (17/9).

Kalimat pertama yang direvisi sebagaimana tertera dalam halaman 14 buku SKI kelas VII MTs tentang perbedaan antara kondisi kepercayaan masyarakat Makkah sebelum Islam dengan masyarakat sekarang. Yakni kalimat, ‘Berhala dilakukan oleh agama selain Islam, yaitu Hindu dan Buddha. Kalimat ini diganti redaksinya menjadi ‘Berhala dilakukan oleh kepercayaan lain’.

Kalimat kedua,”Berhala sekarang adalah kuburan para wali’, diganti redaksinya menjadi ‘Berhala sekarang adalah kuburan yang dianggap keramat’. Kemudian kalimat terakhir yang mengalami revisi adalah ‘Istilah dukun berubah menjadi paranormal atau guru spiritual’ direvisi menjadi ‘Istilah dukun berubah menjadi paranormal’.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement