Rabu 17 Sep 2014 00:20 WIB

Pedagang Makanan Mulai Beralih ke Elpiji Tiga Kilogram

Pekerja menata tabung gas elpiji 3 Kg di salah satu agen gas elpiji (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Pekerja menata tabung gas elpiji 3 Kg di salah satu agen gas elpiji (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Sejumlah padagang makanan yang ada di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah beralih menggunakan elpiji 3 kg, karena dianggap lebih murah dibanding dari harga elpiji 12 kg.

Pantauan di Palangka Raya, Selasa, pedagang makanan yang sebelumnya menggunakan elpiji 12 kg mulai beralih menggunakan elpiji ukuran 3 kg karena harga elpiji 3 Kg hanya Rp 18.000, sedangkan elpiji 12 kg mencapai Rp 95.000 hingga Rp 120.000

Salah seorang pemilik Warung Makan, Dewi mengatakan, dirinya beralih ke elpiji 3 kg karena tidak ingin menaikan harga makanan yang dijual kepada para pelanggannya.

"Tidak ada pilihan lagi mas, kecuali beralih ke elpiji ukuran 3 kg, mau naikan harga atau mengurangi `porsi` takutnya pembeli malah lari dan tidak mau beli disini. Apalagi kalau menggunakan minyak tanah, sudah susah dicari dan mulai langka, walaupun ada harganya pasti mahal," katanya.

Menurut dia, tabung 12 kg dapat digunakan selama kurang lebih lima hari, namun menggunakan tabung ukuran 3 kg biasanya menghabiskan satu tabung dua hari.

Hal senada juga dikatakan pedagang makanan lainnya, Budi. Ia menggunakan tabung 3 kg dirinya dapat menekan biaya produksi dibandingkan dengan tetap menggunakan tabung 12 kg.

"Yang pastinya saat menggunakan tabung 3 kg kami bisa berhemat, karena lebih murah dan harganya terjangkau yang mempunyai usaha kecil-kecilan," ujarnya.

Ia menilai, kenaikan harga elpiji 12 kg sangat berdampak bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), sebab pasti akan ada pengaruh bagi peningkatan biaya produksi dan lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement