Jumat 12 Sep 2014 01:35 WIB

Pandangan GP Anshor Terkait Pilkada Langsung

Rep: c57/ Red: Mansyur Faqih
Ketua GP Ansor Nusron Wahid menjadi pembicara dalam dialog
Foto: Republika/Agung Supri
Ketua GP Ansor Nusron Wahid menjadi pembicara dalam dialog "Pluralism and Progrees Indonesia's Hope" di Jakarta, Rabu (16/1). Diskusi yang dihadiri oleh tokoh-tokoh agama tersebut membahas perkembangan plurakisme dan toleransi antar umat beragama di Indone

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ketua Umum PP Gerakan Pemuda (GP) Anshor, Nusron Wahid menyatakan, pilkada langsung lebih banyak manfaat daripada lewat DPRD.

"Pilkada langsung lebih banyak manfaatnya daripada pilkada tidak langsung atau ppilkada DPRD. Karena memberikan kesempatan kepada rakyat untuk memiliki beragam pilihan calon pemimpin," tutur Nusron dalam rilisnya kepada Republika, Kamis (11/9). 

Menurutnya, dalam proses pertumbuhan demokrasi di Indonesia, pilkada langsung sudah berada di jalur yang benar. Karena menjadi bagian demokrasi yang bertujuan menegakkan kedaulatan rakyat.

Menurutnya, hakekat demokrasi adalah pemerintahan dari, oleh dan untuk rakyat. Jadi, kedaulatan rakyat adalah esensi demokrasi paling hakiki. 

Dalam demokrasi, lanjutnya, objek-subjeknya adalah rakyat. Agen utamanya juga rakyat. Karenanya, pilkada langsung mencerminkan demokrasi Indonesia sesungguhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement