Sabtu 06 Sep 2014 15:05 WIB

ICW akan Kirim Rekam Jejak Calon Menteri ke Jokowi

Rep: C83/ Red: Yudha Manggala P Putra
Jokowi
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koordinator Divisi Monitoring Hukum dan Peradilan ICW, Emerson Yuntho mengatakan Indonesian Coruption Watch (ICW) akan mengirimkan rekam jejak calon menteri yang kemungkinan akan menjabat di kabinet Jokowi-JK.

Ia menjelaskan rekam jejak ini akan berisikan kasus korupsi yang pernah dialami seseorang di masa lampau dan potensi seseorang tersebut melakukan korupsi dan penyimpangan ke depannya.

Ia menambahkan, saat ini nama-nama tersebut masih dalam kajian tim internal ICW. Sehingga belum bisa dipastikan siapa saja nama yang akan masuk dalam negatif list ICW yang akan diserahkan ke Jokowi.

"Dalam waktu dekat akan kita serahkan, untuk nama-nama masih belum bisa dipastikan karena saat ini kita masih dalam proses melakukan list nama yang masuk dalam negatif list ICW," ujar Emerson Yuntho saat dihubungi Republika Sabtu (6/9).

Ia juga mengatakan, kasus korupsi yang melibatkan menteri pada masa pemerintahan SBY agar dapat menjadi pelajaran berharga bagi Jokowi-JK dalam memilih calon menteri dan menjalankan pemerintahan. Hal tersebut agar kasus serupa tidak terulang lagi pada pemerintahan mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement