Selasa 26 Aug 2014 14:25 WIB

PAN Desak Jokowi Ucapkan Terima Kasih, Loh Kok?

Jokowi (Tengah)
Foto: VOA
Jokowi (Tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Ketua DPP Partai Amanat Nasional Saleh Partaonan Daulay mendesak pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla untuk terlebih dulu menyampaikan ucapan terima kasih kepada pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

"Banyak pihak yang meminta agar Prabowo-Hatta mengucapkan selamat kepada Jokowi-JK, namun sangat disayangkan, tidak ada satu pihak pun yang mendesak agar Jokowi-JK mengucapkan terima kasih pada Prabowo-Hatta," kata Saleh Partaonan Daulay melalui pesan singkat di Jakarta, Selasa.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah itu mengatakan Jokowi-JK hendaknya mengucapkan terima kasih kepada Prabowo-Hatta yang telah berkompetisi secara sehat, adil, dan konstitusional. Menurut Saleh, di tengah ketatnya kompetisi, peranan Prabowo-Hatta dalam menjaga suasana tertib dan aman sangat menentukan kualitas demokrasi kita.

"Semestinya, begitu ditetapkan MK, pasangan Jokowi-JK segera mendatangi pasangan Probowo-Hatta. Kan tidak salah jika pemenang yang lebih dulu mengucapkan terima kasih. Tindakan itu mungkin sama pentingnya dengan membentuk rumah transisi," tuturnya.

Di sisi lain, Saleh mengatakan bisa dipahami bila Prabowo-Hatta belum menyatakan selamat kepada Jokowi-JK. Sejauh ini, tim kuasa hukum pasangan tersebut masih meyakini bahwa pilpres menyisakan sejumlah persoalan yang belum tuntas di dalam persidangan MK.

Saleh juga menilai pernyataan Jokowi yang menyebut tidak perlu rekonsiliasi karena dirinya dan Prabowo bersahabat dinilai terlalu menyederhanakan masalah karena persoalan itu bukanlah hanya urusan pribadi antara Jokowi dan Prabowo. Sebab, ada lebih 62 juta pendukung Prabowo-Hatta yang belum tentu menerima kemenangan Jokowi-JK.

"Kalau hanya urusan pribadi, ya tidak perlu mengharapkan ucapan selamat. Begitu juga, tidak perlu ada ucapan terimakasih. Tetapi ini menyangkut kepentingan bangsa secara keseluruhan. Jokowi-JK perlu dukungan dari semua, terutama dari para pemilih Prabowo-Hatta yang juga sangat militan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement