Jumat 19 Feb 2016 22:54 WIB

BKKBN: Peningkatan Ekonomi Keluarga Perlu Dukungan Lintas Instansi

Rep: C36/ Red: Djibril Muhammad
Logo BKKBN
Foto: Republika/Prayogi
Logo BKKBN

REPUBLIKA.CO.ID, SABANG -- Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dr Surya Chandra Surapaty, mengatakan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) perlu mendapat dukungan dari lintas instansi pemerintah. Dukungan diperlukan untuk pengembangan program UPPKS.

"Program UPPKS penting untuk membangun kualitas keluarga, terutama dalam meningkatkan status ekonomi. Perkembangan program ini sebenarnya bukan tanggung jawab BKKBN saja. Berbagai kementerian diharapkan mau membantu program UPPKS," jelas Surya saat meninjau UPPKS di Gampong Batee Shok, Kota Sabang, Jumat (19/2).

Menurut Surya, salah satu instansi yang sudah diajak bekerja sama adalah Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui program dana desa. Namun, instansi tersebut saat ini masih menginstruksikan penggunaan dana desa untuk membangun infrastruktur dasar.

"Tentu akan kami koordinasikan lagi dengan beberapa kementerian terkait, sebab program UPPKS penting bagi masyarakat perdesaan," katanya.

Sebelumnya, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Marwan Jafar, mengatakan fokus penggunaan dana desa adalah membangun infrastruktur dasar di desa.

"Sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 21 Tahun 2015 tentang dana desa, fokus peruntukannya memang untuk pembangunan infrastruktur. Contohnya, jalan desa harus dibuat lebih baik," jelas Marwan kepada Republika.co.id, di Jakarta, Jumat (12/2).

Setelah  kondisi berbagai infrastruktur membaik, alokasi wajib kedua adalah menambah sarana dasar umum di desa. Marwan mencontohkan pembangunan atau perbaikan PAUD, Polindes dan Posyandu sebagai sarana dasar masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement