Rabu 24 Jul 2019 16:45 WIB

Megawati: Mas Bowo Kalau Mau Bertemu Presiden Bilang Saja

Megawati siap jika mantan calon presiden itu ingin menemui dirinya kapanpun.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Andi Nur Aminah
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto usai melakukan pertemuan di kediaman Jalan Teuku Umar, Jakarta, Rabu (24/7).
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto usai melakukan pertemuan di kediaman Jalan Teuku Umar, Jakarta, Rabu (24/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengaku terbuka untuk ditemui Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Dia mengaku siap jika mantan calon presiden itu ingin menemui dirinya kapanpun.

Begitu juga, dia mengatakan, jika Prabowo ingin bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Dia optimistis keinginan Prabowo untuk menemui kepala negara terpilih itu juga akan diterima dengan baik. Secara pribadi, dia bersedia untuk menyampaikan apapun ke presiden.

Baca Juga

"Tapi kalau mas Bowo sebaiknya menurut saya pasti ngomong sendiri saja dengan Pak Jokowi, pasti akan diterima beliau dengan baik," kata Megawati di Jakarta, Rabu (24/7).

Keyakinan itu, diungkapkan Mega, mengingat diperlukan adanya sebuah dialog untuk menyatukan perbedaan yang ada. Presiden RI kelima itu memaparkan, perbedaan terjadi baik secara pilihan ataupun dalam sistem berdemokrasi.

"Karena meskipun kita sementara ini mungkin mempunyai sebuah pilihan, saya tadi bilang tidak ada koalisi tidak ada oposisi di dalam sistem tata negara kita, tapi kalau berbeda hanya karena pilihan, nah itu monggo saja, sehingga yang namanya dialog itu sangat diperlukan," katanya.

Megawati kemudian menyinggung perihal pembentukan kabinet yang dinilainya merupakan hal prerogatif presiden. Namun, dia mengaku siap jika memang nanti kepala negara terpilih membutuhkan saran atau masukan dalam pembentukan komposisi pembantu presiden itu.

"Tapi saya bilang bahwa semuanya adalah keputusan nanti presiden terpilih, karena pada beliaulah sebenarnya hak prerogatif itu ada, bukan pada saya. Kalau menyampaikan butuh saran, saya bisa menyampaikan, begitu juga dari teman-teman yang lain," kata Megawati.

Sebelumnya, Prabowo Subianto tiba di rumah Megawati sekitar pukul 12.30 WIB. Prabowo datang bersama dengan Sekretaris Jendral Gerindra Ahmad Muzani dan Wakil Ketua Umum Gerindra Edy Prabowo dalam satu rangkaian iring-iringan mobil.

Kedatangan Prabowo lantas disambut langsung oleh Megawati, Puan Maharani, Prananda Prabowo, Hasto Kristiyanto, Pramono Anung yang sudah menunggu di depan pintu. Prabowo lantas meninggalkan kediaman Mega sekitar pukul 14.25. WIB. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement