Rabu 17 Feb 2016 11:50 WIB

Aher Lantik Enam Bupati/Wali Kota Pemenang Pilkada

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Damanhuri Zuhri
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, melantik enam pasang bupati/wali kota pemenang Pilkada serentak, Rabu (17/2) di Gedung Merdeka. Keenam bupati/wali kota yang dilantik tersebut adalah pengangkatan Jeje Wiradinata sebagai Bupati Pangandaran periode 2016-2021.

Wakil Bupati Pangandaran Adang Hadari, Wali Kota Depok dan Wakil Wali Kota Idris Abdul Somad-Pradi Supriatna, Bupati-Wakil Bupati Sukabumi, Marwan Hamami-Adjo Sardjono.

Kemudian, Bupati-Wakil Bupati Indramayu, Anna Sophanah-Supendi. Bupati-Wakil Bupati Karawang Cellica Nurachadiana-Ahmad Zamakhsyari dan Bupati-Wakil Bupati Bandung, Dadang Nasser-Gun Gun Gunawan‎.

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan SK Mendagri tentang pemberhentian penjabat wali kota-wakil wali kota dan bupati-wakil bupati periode sebelumnya dan SK pengangkatan penjabat periode baru.

Pembacaan dilakukan Kepala Biro Penkum Pemprov Jabar Abas Basari. Penetapan SK telah ditetapkan sejak 5 Februari namun masa jabatan para penjabat tersebut berlaku sejak pelantikan hari ini.

"Wali kota-wakil wali kota, bupati-wakil bupati akan diberikan gaji pokok dan tunjangan sesuai dengan ketentuan peraturan yang ada," ujar Abas.

Keenam pasang kepala daerah berdiri berjajar untuk diambil sumpahnya. Sebelum membacakan sumpah mewakili Presiden, Heryawan yang akrab disapa Aher mengingatkan, sumpah yang akan diucapkan mengandung tanggung jawab negara serta tanggung jawab untuk kesejahteraan rakyat. "Selain disaksikan oleh semua yang hadir disini, sumpah ini juga harus disadari disaksikan Allah SWT," kata Aher.

Setelah itu, Aher membacakan sumpah yang diikuti para kepala daerah yang dilantik. Usai pengucapan sumpah, masing-masing pasangan menandatangani berita acara. Dilanjutkan penyematan tanda kepangkatan dan kata-kata pelantikan. Lalu, pidato pelantikan oleh Aher.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement