Jumat 15 Aug 2014 21:38 WIB

Saleh Daulay: Intervensi Asing Bentuk Penjajahan Masa Kini

Saleh Partaonan Daulay
Foto: Republika/Amin Madani
Saleh Partaonan Daulay

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Banyak orang mengartikan kemerdekaan sebagai kebebasan dari penjajahan suatu bangsa atas bangsa lain. Untuk konteks Indonesia, pemaknaan seperti itu sudah tidak tepat diartikulasikan dalam konteks kekinian. Pasalnya, Indonesia sudah merdeka dari penjajahan sejak 69 tahun yang lalu.

Apalagi, bentuk penjajahan gaya baru kelihatan sudah mulai dominan. Penjajahan dalam bidang ekonomi, ideologi, sosial, budaya, dan juga media belakangan semakin mengkhawatirkan. "Boleh jadi kita bebas dari penjajahan bangsa lain, namun belum tentu kita bebas dari penjajahan dalam bidang-bidang yang disebutkan di atas," kata Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Saleh Partaonan Daulay, Jum'at (15/8).

Yang lebih penting lagi, kata Saleh, bangsa ini belum tentu bebas dari penjajahan dalam bidang politik. "Kepentingan-kepentingan asing atas sumber kekayaan alam kita terkadang menyebabkan panggung politik kita diintervensi oleh kekuatan asing. Targetnya, agar arah pengelolaan sumber daya alam kita bisa diatur demi keuntungan pihak-pihak asing," ujarnya.

Menurutnya, penjajahan gaya baru ini bisa jadi lebih berbahaya dari penjajahan di masa lalu. "Kalau dulu, musuh kita jelas. Sekarang, kita tahu persis ada musuh yang mengancam, tetapi tidak kelihatan siapa aktor-aktor intelektualnya," katanya.

Di masa penjajahan, kata dia, ada banyak mata-mata pribumi yang diperalat para penjajah. Sekarang, banyak juga "mata-mata" yang mewujud dalam berbagai aktivitas sosial untuk kepentingan asing. "Mana yang lebih berbahaya? Tentu yang lebih berbahaya adalah "mata-mata" yang ada sekarang ini," katanya.

Kemerdekaan sesungguhnya, kata dia, adalah kebebasan bangsa dan negara Indonesia dalam menentukan arah dan tujuannya secara mandiri tanpa campur tangan asing. Selain itu, bangsa Indonesia juga harus dibebaskan dari kemiskinan, kebodohan, ancaman penyakit, bencana alam, dan segala sesuatu yang mengganggu terciptanya masyarakat yang adil dan makmur.

Untuk mencapai tujuan itu, pemerintah harus memastikan bahwa seluruh kekayaan alam dan segala sesuatu yang terkandung di dalamnya dimanfaatkan semaksimal mungkin bagi upaya memakmurkan rakyat. Karena itu, pendidikan, kesehatan, penciptaan lapangan kerja, dan keamanan harus menjadi prioritas utama. Agar tercapai keadilan, pemerataan pembangunan dan akses pada modal usaha harus dibuka selebar-lebarnya. Dengan begitu, mereka yang tinggal di daerah tidak merasa tertinggal dan dianaktirikan. Pada akhirnya, mereka juga dapat menikmati hakikat kemerdekaan yang sesungguhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement