Rabu 13 Aug 2014 10:39 WIB

Pramuka Kembalikan Jiwa Sukarela yang Terkikis

Pramuka
Foto: Antara
Pramuka

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kegiatan Pramuka menjaga dan mengembalikan jiwa sukarela yang kian terkikis oleh perkembangan zaman dan trend instan, kata Ketua Bidang Komunikasi Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung Beni Kurniawan di Bandung, Rabu (13/8).

"Jiwa sukarela kian terkikis oleh perkembangan waktu dan zaman, dan Gerakan Pramuka berperan untuk mempertahankan sikap sukarela dan rela berkoban. Semangat itu yang perlu diup-grade setiap saat," kata Beni.Hal itu pula menurut dia tergambar dari kepesertaan Pramuka, meski menjadi kegiatan ekstrakulikuler di sekolah-sekolah, namun tidak diberlakukan secara wajib.

"Kegiata Pramuka tidak berpatokan pada wajibnya tapi berpatokan pada sikap sukarela," ujar Beni.Menurut dia, pendekatan itu agar pramuka bisa menjadi kegiatan yang menarik sekaligus bermanfaat tapi tanpa pakasaan serta melahirkan generasi yang ikhla dan tanpa pamrih.

"Pramuka mereka dituntut sukarela, dengan sukarela anggota merasakan bagaimana bahwa kegiatan Pramuka ini bisa untuk bekal hidup mereka," katanya.Di sisi lain, kata Beni Kwartir Cabang Pramuka Kota Bandung terus melakukan inovasi dan terobosan agar kegiatan Pramuka bisa masuk dalam aktivitas sehari-hari dan berbagai komunitas.

Salah satunya dengan menggelar kegiatan yang menarik kawula muda, sesuai bakat dan minat. Terobosan itu dilakukan mulai dari tingkatan Siaga, Penggalang dan Pandega Salah satunya mengembangkan kegiatan Saka bersinergi dengan sejumlah institusi," kata Beni.Kwarcab Kota Bandung sedang melakukan kursus pada pihak ? pihak sekolah di kota Bandung, terkait kurikulum 2013 yang salah satunya menitikberatkan pelaksanaan pendidikan kepramukaan dan ekstrakulikuler Pramuka di tiap sekolah.

"Dilakukan kursus ? kursus mahir pembina tingkat dasar bagi guru dan kepala sekolah Kota Bandung," katanya.Hal itu menurut dia agar para pembina di sekolah dapat memberikan ilmu mengenai pramuka pada para siswanya secara maksimal.

"Mudah mudahan dari dukungan pihak sekolah, khususnya guru dan kepala sekolah bisa mengaplikasikan materi kepramukaan itu dilapangan secara maksimal," kata Beni menambahkan.Untuk peringatan Hari Pramuka tahun 2014, Kwarcab Kota Bandung akan menggelar Upacara Peringatan Hari Gerakan Pramuka, Kamis (14/8) di Taman Pramuka Kota Bandung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement