Rabu 09 Jul 2014 20:08 WIB

CRC: Jokowi-JK Unggul 70,93 Persen di Sulsel

Jusuf Kalla
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Celebes Research Centre (CRC) bekerja sama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Selatan melakukan hitungan cepat di 24 kabupaten/kota dan hasilnya Joko Widodo-Jusuf Kalla menang dengan persentase 70,93 persen.

"Dari 24 kabupaten dan kota di Sulsel yang kita survei, 23 yang memenangkan Jokowi-JK. Jokowi-JK hanya kalah di Kabupaten Selayar," ujar Direktur Eksekutif CRC, Herman Heizer, di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan, kemenangan telak Jokowi-JK yang berhasil meraup angka 70,93 persen dikarenakan ketokohan Jusuf Kalla yang pernah menjabat sebagai wakil presiden mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono sebagai presiden pada periode 2004-2009.

Sedangkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa berhasil meraup angka sekitar 29,07 persen itu juga dianggapnya bukanlah angka yang buruk karena Sulsel adalah basis utama dari Jusuf Kalla.

"Angka 29,07 persen yang diperoleh Prabowo-Hatta itu tidak buruk dan itu realistis karena di Sulsel ini merupakan basis utama dari JK. Itu yang menjadi indikator utama selain ketokohannya," katanya.

Dari 24 kabupaten dan kota di Sulsel yang disurvei secara sampling atau secara acak, hampir semua kabupaten Jokowi-JK menang telak seperti di kampung halaman JK, Kabupaten Bone, yang meraih suara hingga 85,32 persen.

Kemenangan terbesar juga didapatkan pasangan Jokowi-JK dari Kabupaten Barru yang berhasil meraih angka persentase hingga 88,86 persen kemudian di Kota Makassar 68,82 persen.

"Rata-rata kemenangan Jokowi-JK di beberapa daerah di Sulsel berada pada kisaran 63-88 persen. Hanya satu kabupaten Jokowi-JK kalah yakni Kabupaten Selayar dengan hanya memperoleh 46,87 persen, sedangkan pasangan Prabowo-Hatta mengumpulkan 53,13 persen," jelasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement